5 Manfaat Membaca Puisi

Jabarekspres.com — Kamu tentunya bertanya-tanya apa manfaat membaca puisi, bukan?

Tenang, manfaatnya banyak banget, kok. Seharusnya kamu mulai mempertimbangkan untuk mulai membacanya sebanyak-banyaknya.

Apakah waktumu akan sia-sia karena membaca sajak? Tidak. Justru sebaliknya. Kamu akan banyak mendapatkan manfaat dari membaca sajak.

Apa saja manfaat membaca puisi? Berikut ini kami rangkum 5 manfaat yang akan kamu dapatkan dalam membacanya

1. Ia menawarkan pelarian
Kamu pernah merasa jenuh dengan lingkungan sekitar kamu, atau bahkan pernah bosan dengan kehidupan yang itu-itu aja. Nah, sajak bisa jadi opsi bagi kamu yang hendak melakukan pelarian dari hidup yang menjemukan.

Pasalnya, ia bakal memberikan pengalaman dan cara pandang yang baru kepadamu. Kamu bisa mengetahui bagaimana suasana Bandung klasik lewat sajak-sajak Ajip Rosidi, misalnya, atau para pengarang lainnya, yang bisa melihat dunia dengan cara pandang yang berbeda.

2. Ia membikin kamu santuy
Dunia ini sudah serba cepat, dari mulai antar-pesan makanan cepat hingga nikah cepat. Namun, sebait sajak akan membuat kamu lebih santuy.

Pasalnya, membaca puisi tidak sama seperti membaca lowongan kerja. Setiap alunan kata dalam baitnya harus kamu dengarkan perlahan-lahan.

3. Ia akan memperkaya pembendaharaan kosa kata yang kamu miliki
Tentu saja, kamu bisa meningkatkan pembendaharaan kosa kata lewat sajak. Selain, kamu akan belajar bagaimana cara para penyair “bermain-main” dengan kosa kata tersebut.

Dengan begitu, kita jadi lebih imajinatif dalam berpikir dan bagaimana kita mengungkapkan diri kita.

4. Ia bisa membawamu kembali ke masa lalu
Kamu tidak tahu apa saja yang terjadi saat para pejuang kemerdekaan harus bertarung dan kemudian gugur dalam membela tanah air.

Nah, ia akan membawamu untuk melihat itu dan merasakannya. Contohnya adalah sajak “Krawang-Bekasi” karya Chairil Anwar. Di sana kamu akan diajak ke situasi-kondisi yang sangat intim dan berkesan.

5. Sajak bisa mengungkapkan apa yang tidak mampu kamu ucapkan
Kalau kamu sedang bingung bagaimana caranya mengungkapkan apa sedang kamu rasakan, kamu bisa mulai dengan membaca puisi. Puisi punya daya untuk mengungkap apa sulit kamu ucapkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan