Ini Dia 3 Keutamaan Bersedekah di Hari Jumat

Jabarekspres.com- Bersedekah merupakan salah satu amalan baik dalam ajaran Agama Islam yang mempunyai manfaat bagi yang memberi maupun orang yang diberi sedekah.

Sedekah bisa dilakukan oleh siapa saja, tak hanya materi seperti uang sedekah juga bisa diberikan walaupun hanya dengan memberikan senyuman.

Seperti hadist nabi yang berbunyi: “Tabassumuka fii akhii shodaqotun.” Yang memiliki arti senyummu kepada sudaramu termasuk shodaqoh.

Terlebih jikalau kita menyedekahkan sebagian harta bagi orang-orang yang membutuhkan, maka kita akan medapatkan banyak keutamaan.

Melansir dari laman dompetdhuafa bahwasanya Nabi Muhammad SAW memberikan contoh memperbanyak sedekah di hari Jumat dibandingkan dengan hari lainnya.

Beberapa Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

Dari beberapa riwayat hadits, hari jumat mempunyai banyak keutamaan bagi orang yang bersedekah. Berikut keutamaannya.

Pahala sedekah lebih besar

Imam Abdurrazaq dalam kitab Al-Mushannaf meriwatkan bahwasanya Rasululloh pernah bersabda.

“Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya.”

Seperti sedekah di bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci bagi umat Islam, banyak keutamaan yang kita dapatkan pada bulan Ramadhan, seperti dilipatgandakanya pahala.

Jikalau kita bersedekah di hari jumat maka pahala sedekah akan seperti pahala bersedekah di bulan Romadhon yang oahalanya akan di lipatgandakan oleh Allah SWT.

Disebutkan bahwa Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah pernah berkata tentang keutamaan sedekah hari Jumat.

Ia berkata; “Keutamaan sedekah di hari Jumat dibanding semua hari dalam sepekan seperti keutamaan sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.”

Didoakan oleh para Malaikat

Sedekah dipagi hari menjadi keutamaan, terlebih jika sedekah itu ailaksanakan pada hari jumat.

Hal ini disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya:

“Setiap pagi hari di mana para hamba berada di dalamnya, ada dua malaikat yang turun seraya malaikat pertama berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi orang yang bersedekah ganti. Dan malaikat satunya lagi berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi yang tidak mau bersedekah (pelit) kebinasaan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan