Jangan Salah, Ini Dia 5 Perbedaan Barista dan Bartender

Jabarekspres.com- Meskipun kata barista dan bartender sama-sama membuat minuman. Namun barista dan bartender adalah hal yang berbeda. Berikut perbedaan barista dan barteder.

pengertian

Bartender adalah sebuah profesi yang mana ia adalah seseorang yang ahli membuat dan meracik minuman di bar. Bartender mempunyai tugas untuk membut minuman-minuman beralkohol maunpun nonalkohol.

Sedangkan barista adalah profesi dimana ia adalah seseorang yang yang ahli membuat minuman kopi biasanya barista bekerja di kafe maupun di coffeeshop.

Tugas

Bartender bertugas untuk membuat minuman. Selain itu bartender juga bertugas untuk menjaga kebersihan dan ketertiban area bar. Ia jga biasanya akan menemani pengunjung ngobrol saat tidak membuat minuman.

Selain itu mereka juga memiliki tugas untuk membuat atau meracik minuman baru lalu menawarkan pada pelanggannya. Ia juga harus memastikan para pelanggannya apakah mereka sudah legal minum alcohol atau belum.

Sama seperti bartender dalam menjaga kebersihan. Biasanya barista juga memiliki tugas untuk menjaga kebersihan tempat kerjanya dan membersihkan alat-alat untuk membuat kopi.

Skill

Seorang bartender harus pandai meracik minuman agar para pelanggannya dapat minum minuman yang mereka inginkan.

Selain itu seorang bartender biasanya bisa melakukan trik dalam menyajikan minuman, jika ia memiliki skill ini maka para pelanggan akan tertarik.

Sedangkan skill yang dimilik barista adalah meracik kopi dan bahan bahan tambahannya seperti susu, gula, dan lain-lain. Biasanya barista memiliki skill latte art. Dimana ia akan menghias foam yang akan digambar sedemikian rupa.

Waktu kerja

Biasanya bar buka pada saat sole hari hingga dini hari, oleh karena itu seorang bartender akan mulai kerja saat sore hari sampai dini hari.

Untuk kafe atau coffee shop biasanya dibuka mulai dari pagi hari sampai malam hari. Namun ada juga kafe yang buka hingga 24 jam, biasanya para kariyawannya akan bekerja shift.

Penghasilan

Dalam kurun waktu sebulan biasanya seorang yang bekerja meracik minuman di bar akan menerima gaji sebesar 1,9 juta hingga 7 juta. Namun itu belum dengan tip dari pelanggan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan