PT Geo Dipa Energi bersama Binaan KSM Zakiyah Ngajiwa Raih Penghargaan DLH Jabar

BANDUNG – PT Geo Dipa Energi (Persero) bersama Kelompok Binaan, KSM Zakiyah Ngajiwa berhasil mendapatkan penghargaan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022.

HPSN 2022 yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat itu menetapkan KSM Zakiyah Ngajiwa meraih penghargaan di Bidang Program Kampung Iklim (ProKlim)

KSM Zakiyah Ngajiwa dinilai berhasil menerapkan pengelolaan sampah di lingkungan kantor dan lingkungan masyarakat dengan Prinsip Zero Waste dan Bank Sampah.

Sampah yang bernilai ekonomi akan didaur ulang, sedangkan sampah organic dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman dan siklus maggot untuk pakan ternak.

General Manager PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha Ilen Kardani menjelaskan, program ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas lingkungan di tengah masyarakat.

“Penghargaan ini menjadi bukti komitmen perusahaan yang terus meningkatkan nilai untuk bisa Maju Bersama masyarakat di sekitar wilayah kerja perusahaan,’’ katanya.

Selain itum berbagai program Coorperate sosial responbilty (CSR) terus diberikan setiap tahunnya sebagai bentuk kepedulian untuk membantu kesejahteraan masyarakat sekitar.

Ilen Kardani mengatakan, konsep pengelolaan sampah dengan Prinsip Zero Waste dan Bank Sampah bisa disebut sebagai ‘entry point’.

Untuk mencapai target pembangunan berkelanjutan,  berdampak dalam berbagai aspek di masyarakat, lingkungan dan ekonomi.

Pengelolaan sampah dengan Prinsip Zero Waste dan Bank Sampah memiliki keterkaitan dengan isu kesehatan, perubahan iklim, pengurangan kemiskinan, keamanan pangan dan sumberdaya, serta produksi dan konsumsi berkelanjutan .

Selain itu, GeoDipa juga mengadopsi sistem shared value dengan mengkombinasikan aspek social, ekonomi dan lingkungan untuk bisa tumbuh bersama dengan masyarakat.

Hal ini menjadi penting bagi semua pihak untuk ikut ambil bagian dalam memberikan sesuatu yang berarti kepada peningkatan kualitas hidup manusia dan lingkungan.

“Melalui shared value, kita akan ikut bertanggung jawab untuk lebih optimal bagi kehidupan manusia, lingkungan serta keberlanjutan bisnis perusahaan,” ujar Ilen.

Program CSR PT.Geo Dipa Energi (Persero) tidak hanya mencakup pada asas kepatuhan terhadap implementasi ISO 26000 tentang Social Responsibility dan ISO 14001 tentang Sistem Manajemen Lingkungan.

Selain itu, pada aspek Good Corporate Governance (GCG), dan keselarasan program CSR dengan strategi serta daya saing bisnis perusahaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan