Manfaat Payment Gateaway, Wajib Tahu Nih!

Jabarekspres.com – Berbicara tentang manfaat Payment Gateaway, kita tidak bisa terlepas dalam pembicaraan mengenai fintech.

Payment Gateaway itu sendiri merupakan salah satu inovasi dalam dunia perbankan yang dimaksudkan untuk membuat transaksi menjadi lebih mudah dan efektif dengan sistem keamanan yang memadai.

Dengan kata lain, Payment Gateaway adalah inovasi dari salah satu sektor usaha di bidang teknologi yang sering disebut sebagai fintech, singkatan dari financial technology.

Fintech merupakan eksplorasi dari dunia finansial yang bermaksud membuat transaksi keuangan menjadi lebih mudah dan praktis.

Fintech itu sendiri mengalami perkembangan pesat hingga melahirkan salah satu bidang yang sangat populer yakni Payment Gateaway. Tentunya Pintu Gerbang Pembayaran ini menjadi semakin banyak digunakan oleh orang-orang di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Dengan begitu, metode pembayaran tersebut sangat membantu keberlangsungan ekonomi yang sekarang sedang dihantam oleh Covid-19. Ia membuat usaha mikro dan makro bisa terus berjalan di saat aktivitas-aktivitas sosial mesti dibatasi untuk menekan penyebaran Covid-19.

Itu artinya, kita harus mempertimbangkan untuk mulai memanfaatkan metode pembayaran tersebut entah sebagai penjual maupun sebagai pembeli.

Apa itu Payment Gateaway?

Ia terdiri dari dua kata dalam bahasa Inggris. Pertama, “payment” artinya dalam bahasa Indonesia berarti “pembayaran”; kedua, “gateaway” dalam bahasa Indonesia berarti “pintu gerbang”. Secara harfiah, ia dalam bahasa Indonesia berarti Pintu Gerbang Pembayaran.

Lebih tepatnya, Pintu Gerbang Pembayaran merupakan transaksi pembayaran yang tidak terikat oleh waktu, bisa dilakukan kapan saja dengan memanfaatkan jaringan internet. Dengan begitu, seluruh transaksi pembayaran dalam dunia bisnis bisa dilakukan tanpa batasan waktu.

Misal, jika kita berniat membeli produk yang dijual di e-commerce, kita tidak perlu melakukan pembayaran via, misalnya, tatap muka atau pengiriman pos atau mesin ATM. Kita bisa melakukan pembayaran lewat gawai dengan memanfaatkan jaringan internet.

Manfaat Payment Gateaway

Pembayaran Pintu Gerbang ini sangat mempermudah aktivitas belanja ataupun bisnis dengan jaminan efektivitas dan keamanan yang tidak perlu diragukan:

  1. Pembayaran jadi lebih praktis

Pembayaran menjadi lebih praktis sebab ia memanfaatkan transaksi online. Dengan begitu, kita tidak perlu bertatatap muka dengan sang penjual atau bertemu pihak bank untuk melakukan pembayaran.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan