Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Pasien Covid-19 Dapat Konsumsi Ini

JAKARTA – Meningkatkan daya tahan tubuh bagi pasien Covid-19 sangat penying karena akan mempercepat proses penyembuhan.

Dilansir dari laman Healthline, selain obat, ada beberapa makanan, minuman dan herbal yang mempercepat pemulihan dan kesembuhan pasein Covid-19 dan meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Vitamin D

Vitamin D bisa membantu melindungi paru-paru Anda jika terinfeksi virus corona baru, apakah itu Delta atau Omicron dengan mengganggu perlekatan virus di tubuh Anda. Beberapa makanan sehat kaya vitamin D, termasuk minyak ikan cod, salmon, herring, dan beberapa jamur liar.

2. Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin antioksidan yang mendukung kesehatan kekebalan pada orang-orang dari segala usia.

Penelitian pada hewan dan manusia telah menemukan bahwa vitamin C bisa mengurangi stres oksidatif, meningkatkan fungsi endotel untuk mencegah penyakit jantung, dan mendukung pemulihan dari flu biasa.

Penelitian yang muncul menunjukkan bahwa pemberian vitamin C kepada orang dengan Covid-19 bisa mendukung pemulihan dan peningkatan selama perjalanan penyakit.

3. Karotenoid dan vitamin A

Vitamin A adalah karotenoid yang bisa membantu memberikan perlindungan yang kuat terhadap infeksi, termasuk Covid-19. Sumber makanan termasuk hati, sayuran berdaun hijau tua, dan sayuran berpigmen seperti ubi jalar dan wortel.

4. Seng

Kekurangan seng telah dikaitkan dengan peningkatan risiko infeksi dan hasil yang lebih buruk pada mereka dengan Covid-19. Seng dianggap sebagai salah satu mineral terpenting.

Penelitian telah menunjukkan bahwa sifat antioksidan dan antiinflamasinya bisa mengurangi risiko penyakit jantung, mendukung kesehatan mata, dan sangat penting untuk meningkatkan daya tubuh. Sumber makanan yang kaya termasuk daging giling, kacang mete, dan biji rami.

5. Asam lemak omega-3

Lemak tak jenuh ganda omega-3 adalah kategori asam lemak yang terbukti memiliki manfaat kesehatan antiinflamasi, termasuk untuk kesehatan otak, penyakit jantung, dan rheumatoid arthritis.

Lemak omega-3 ini, khususnya asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA), bisa meningkatkan pemulihan pada orang dengan Covid-19. Makanan yang kaya akan lemak omega-3 termasuk salmon, sarden, dan biji chia. (jpnn/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan