Wujudkan Kawasan Wisata di Sumedang, Begini Strategi Bupati

SUMEDANG – Kabupaten Sumedang saat ini tengah berupaya mendorong kawasan wisata agar bisa menarik banyak wisatawan.

Oleh karena itu, Pemerintah Daerah (Pemda) Sumedang cukup gencar membangun akses jalan di berbagai objek wisata yang ada guna meningkatkan kenyamanan.

Terkait hal itu, Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir menyampaikan, pembangunan infrastruktur jadi salah satu dukungan dalam mewujudkan kawasan wisata di Sumedang.

“Saat ini berbagai pembangunan infrastruktur (dilakukan) guna mendukung terwujudnya kawasan wisata yang nyaman,” kata Dony pada Jumat, (4/3).

“Kemudian memadai terus berjalan, khususnya aksesibilitas menuju sentra-sentra wisata dan juga pertanian,” tambahnya.

Dony mengatakan, pada 2020 lalu sampai sekarang Pemda Sumedang terus menggenjot pembangunan infrastruktur ke tempat-tempat wisata.

“Termasuk Jalan Lingkar Timur, Lingkar Utara sampai Lingkar Barat Jatigede. Karena akses jalan ini menjadi prioritas kami,” ujar Dony.

Tak hanya itu, Dony mengaku, Pemda Sumedang sudah melakukan usulan kepada Pemerintah Pusat supaya bisa mendorong Jatigede menjadi Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata.

“Di mana saat ini pengerjaan Menara Kujang Sapasang berikut jembatan dan Mesjid Al-Kamil yang digadang-gadang akan menjadi ikon wisata baru di Jatigede sedang dalam penyelesaian,” imbuh Dony.

“Kami sedang menyelesaikan pembangunan Mesjid Al-Kamil di Jatigede,” lanjut Dony.

Dia berujar, untuk jembatan pengerjaannya sudah selesai, sehingga tinggal membereskan Kujang Sapasangnya.

Dony menuturkan, saat ini Pemda Sumedang tengah mendodong pemanfaatan tanah kas desa untuk tujuan pembangunan sektor pariwisata.

“Untuk pengembangan sektor pawisata, yang pengelolaannya nanti bisa dikolaborasikan antara pengusaha dengan desa,” ucap Dony.

“Kami ada tanah kas desa. Jadi para pengusaha tidak usah beli tanah. Bisa gunakan tanah kas desa, nanti berbagi sahamnya, bisa dikolaborasikan agar sama-sama untung,” sambung Dony.

Sementara itu, terkait perizinan usaha, Dony menerangkan, para pengusaha disarankan berinvestasi di Sumedang.

“Saya menjamin kemudahan dan kecepatan pelayanan perizinan usahanya,” papar Dony.

Insya Allah, good government kami tidak usah diragukan lagi. Kami akan memberikan kemudahan dan kecepatan untuk dunia usaha yang akan berinvestasi di Sumedang,” tutupnya. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan