Job Seeker Harus Tahu! Inilah Hal yang Dilakukan Setelah Interview Kerja

Jabarekspres.com – Tahap interview kerja merupakan bagian dari proses recruitment sebuah pekerjaan, yang diikuti oleh pelamar kerja yang lolos dalam tahap seleksi berkas.

Setiap pelamar harus melakukan berbagai persiapan dalam mengahadapi tahap interview kerja, mulai dari menyiapkan jawaban yang mungkin akan ditanyakan oleh HRD.

Mengingat proses seleksi penerimaan karyawan berlangsung begitu ketat, maka Anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk bersaing dengan pelamar kerja lain.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan setelah proses interview kerja selesai? Hal ini mungkin terdengar sepele, tapi bisa menjadi ide yang bagus untuk Anda.

Jumlah pelamar kerja pada satu lowongan pekerjaan itu pasti banyak peminatnya, setidaknya Anda harus bisa memberikan kesan positif yang berbeda dari pelamar lain kepada HRD setelah interview.

Dilansir oleh Jabar Ekspres dari tayangan YouTube Eza Hazami pada Kamis 3 Maret 2022, berikut 4 hal yang harus anda lakukan setelah interview kerja

1. Ucapkan tanda terima kasih

Ketika Anda telah selesai dalam proses interview kerja, maka hal pertama kali yang harus dilakukan adalah memberikan tanda terima kasih.

Tanda terima kasih ini bukan berupa bingkisan, melainkan kirim email berupa ucapan terima kasih kepada HRD.

Usahakan menggunakan kalimat yang baik dan sopan, sehingga Anda memberikan kesan positif kepada HRD.

2. Catat seluruh proses saat melamar pekerjaan

Ingatan manusia terkadang mudah lupa, maka ada baiknya mencatat seluruh proses saat melamar pekerjaan pada setiap perusahaan.

Mulai dari dimana tempat proses interview dilakukan, dengan siapa Anda melakukan interview, tanggal berapa Anda melakukan interview, dan proses itu sudah sampai tahap apa.

Jadi, itu bisa menjadi bahan evaluasi, salah satunya dalam proses interview agar bisa menjadi lebih baik untuk proses melamar kerja berikutnya.

3. Follow up HRD

Pekerjaan HRD bukan hanya menjalani proses seleksi karyawan baru saja, tapi lebih dari itu. Seperti pengembangan, manajemen kinerja, penentuan gaji atau kompensasi, menumbuhkan hubungan kerja, hingga masa pensiun karyawan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menanyakan langsung kepada HRD, terkait hasil proses seleksi yang telah Anda lakukan dengan cara yang baik dan sopan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan