Cuaca Buruk Melanda Depok, Begini Imbauan DPUPR

DEPOK – Selama beberapa pekan terakhir Kota Depok sedang dilanda cuaca buruk. Hujan disertai angin kencang hampir terjadi setiap harinya di sejumlah lokasi.

Akibat kondisi cuaca buruk, banjir, tanah longsor dan pohon tumbang berpotensi terjadi di wilayah Kota Depok. Situasi ini harus diwaspadai masyarakat agar tidak sampai menelan korban.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, mengimbau kepada warga agar selalu waspada terhadap kondisi lingkungan di sekitar terutama daerah atau titik lokasi yang selama ini terkenal rawan bencana.

“Kami imbau kepada seluruh masyarakat Kota Depok agar mewaspadai banjir dan longsor karena intensitas dan curah hujan yang masih tinggi. Terutama, di wilayah dataran rendah maupun pemukiman yang dekat dengan kali,” imbau Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, Jumat (4/3).

Selain meminta warga agar waspada terhadap potensi bencana, dirinya juga mengimbau kepada warga agar segera melaporkan jika ada potensi bencana yang membahayakan.

“Seperti keretakan tanah yang menjadi penyebab awal longsor,” ujarnya.

Dia mengatakan laporan bisa ditujukan ke Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 maupun mendatangi posko banjir di Kantor DPUPR Kota Depok Jalan Raya Jakarta Bogor km 34,5 atau menghubungi nomor telepon 082311835135.

Di samping itu, pihaknya juga tak lupa mengingatkan kepada warga agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar demi mencegah terjadinya potensi bencana.

“Masyarakat perlu rutin membersihkan lingkungan terutama saluran air yang berpotensi tersumbat akibat genangan sampah,” jelas dia.

Diketahui, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim hujan masih akan terjadi hingga bulan April 2022. (mg2/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan