Sering Diremehkan, Ini Peran Rempah-Rempah untuk Kesehatan

Jabarekspres.com – Negara Indonesia terkenal dengan hasil kekayaan rempah-rempah yang melimpah, dan ternyata rempah-rempah bukan hanya digunakan sebagai bumbu masakan saja, tetapi dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Akan tetapi, kebanyakan orang menggunakan rempah-rempah hanya sebagai penyedap rasa suatu masakan saja, karena rasa dan aroma yang dihasilkan dari rempah-rempah sangat kuat sehingga menambah nafsu makan.

Padahal, rempah-rempah dibedakan ke dalam jenis tanaman obat, sayuran beraroma, dan buah kering. Oleh karena itu, dalam kanal YouTubenya dr. Zaidul Akbar akan memberikan penjelasan tentang manfaat rempah-rempah untuk kesehatan.

Menurut dr. Zaidul Akbar, rempah-rempah itu bukan hanya digunakan untuk bumbu masakan saja, namun memiliki manfaat bagi kesehatan.

Contohnya minum air rebusan ketumbar setiap hari, itu akan memberikan efek baik yang luar biasa bagi jantung, lalu itu baru dari ketumbar saja dan belum rempah yang lain.

“Rempah-rempah ini bukan sekedar bumbu, tapi mereka punya fungsi yang luar biasa, minum ketumbar setiap hari itu masyaallah efeknya ke jantung luar biasa, itu baru ketumbar,” kata dr. Zaidul Akbar

Dengan demikian, Anda mau minum teh juga bisa menggunakan rempah-rempah dan tidak mesti pakai teh sachetan saja.

Mulai hari ini bisa mencoba dengan ketumbar atau kapulaga, kemudian bisa tambah sedikit madu atau gula merah, hasilnya sangat baik untuk kesehatan daripada sekedar minuman instan yang beredar di pasaran.

“Jadi kita ga mesti ngeteh pake teh sachet itu ga mesti, pake rempah-rempah juga bisa, cemplungin ketumbar, cemplungin kapulaga eh kasih madu sedikit atau gula merah, itu sangat baik bagi kesehatan kita, dibandingkan dengan kita sekedar minum-minuman yang instan itu,” tambahnya.

Sebelum tidur ada resep atau ramuan yang bisa Anda coba buat untuk menjaga kesehatan, yaitu pandan dicampur dengan jahe, masukan ke dalam gelas, lalu tambah air dari dispenser atau air termos.

Untuk memperkaya rasa bisa menambahkan madu, tapi kalau tidak punya madu cukup dengan rasa aslinya saja, tidak disarankan menggunakan gula putih.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan