Ganjil Genap  Minggu Kedua, Dishub Klaim Sukses Turunkan Mobilitas Kendaraan

BANDUNG – Dalam mengantisipasi penyebaran kasus Covid-19 di masyarakat terutama di hari libur, Pemerintahan Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Perhubungan (Dishub) dan jajaran Kepolisian dari Polrestabes Bandung terus menggelar operasi ganjil genap di 5 Gerbang Tol.

“Kebijakan ganjil genap, masih tetap berlanjut di setiap akhir pekan untuk Kota Bandung, dari hari Jum’a t sampai hari Minggu. Penerapan ganjil genap, kita nilai cukup sukses ya dalam menekan mobilitas warga,” ucap Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT) Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara saat dihubungi, Sabtu (26/2).

Asep menjelaskan, pada saat pelaksanaan Ganjil genap di 5 Gate tol yang di selenggarakan di minggu kedua pelaksanaannya, penurunan mobilitas kendaraan di Kota Bandung dinilai sangat signifikan.

Ia menyebut, dibandingkan pada minggu pertama yang hanya dapat menurunkan mobilitas kendaraan dikisaran 20 persen untuk di Gate tol Pasteur, di ganjil genap minggu kedua kemarin dapat menurunkan hingga 18 persen mobilitas kendaraan di tempat yang sama.

Asep juga menambahkan, hal serupa pun terjadi di empat gerbang tol lainnya seperti Tol Pasir Koja menurun hingga 17.08 persen. Gerbang Tol Kopo 6.05 persen, dan Gerbang Tol Moch Toha sebesar 33.68 persen.

“Lalu Gerbang Tol Buah Batu sebanyak 14.36 persen. Untuk waktu pelaksanaan masih sama. Untuk hari Jumat dimulai sejak pukul 14.00WIB hingga pukul 20.00 WIB. Sabtu dan Minggu dimulai sejak pukul 07.00 WIB, sampai dengan pukul 20.00 WIB,” ujarnya

Akan tetapi, ketika disinggung apakah ada rencana penambahan untuk kebijakan buka tutup jalan, Asep menuturkan, untuk sementara waktu belum dilaksanakan.

“Untuk penutupan ruas jalan masih diberlakukan di tiga titik yaitu Jalan Lengkong Kecil, Jalan Dipatiukur dan Jalan Tamblong-Asia Afrika,” Pungkasnya

Untuk diketahui, kebijakan ganjil genap ini akan dilaksanakan di 5 Gerbang Tol yang ada di kota Bandung seperti Pasteur, Pasirkoja, Moh. Toha, dan Buahbatu.

Adapun Pelaksanaannya, untuk hari Jum’at alam dilakukan pada Pukul 14.00 Wib – 20.00 Wib. Sedangkan untuk Sabtu dan Minggu akan dilakukan mulai pukul 07.00 Wib – 20.00 Wib. (Mg4).

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan