Wakil Wali Kota Depok Minta DKP3 Optimalkan Peran untuk Fasilitasi Petani

DEPOK – Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono atau yang karib dipanggil IBH meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Depok agar lebih mengoptimalkan perannya untuk mendukung para petani.

Menurut Wakil Wali Kota Depok ini, masyarakat yang berkecimpung di sektor pertanian perlu difasilitasi agar mereka dapat memaksimalkan produktivitas.

“Untuk itu, kami meminta kepada seluruh jajaran yang ada di DKP3 agar mengoptimalkan peran dan tugasnya baik dari aspek penyuluhan, pemberian bibit ikan dan pohon, hingga pelatihan,” kata Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, Rabu (23/2).

Dia mengatakan, salah satu manfaat dari sekian tugas dan tanggung jawab tersebut, ambil contoh dalam bidang penyuluhan, hal itu akan sangat berpengaruh utamanya agar mendorong para petani untuk bisa bertani dengan baik dan tepat di wilayah perkotaan.

Terkait hal ini, lanjut IBH, berkaitan erat dengan cara menjadi petani modern yang kini sangat digandrungi oleh anak muda atau milenial.

“Ini juga tidak terlepas dari realitas yang terjadi di Kota Depok ke depan yang akan merasakan bonus demografi,” terang dia.

Dia meyakini bahwa citra petani sebagai profesinya orang-orang lanjut usia (lansia) ke depan akan bergeser. Sebab, sektor ini bakal diminati kaum milenial.

“Ke depan anak-anak milenial justru malah berminat di bidang pertanian,” ungkapnya.

Untuk itu, menurut dia, pentingnya Pemerintah Kota (Pemkot) untuk memfasilitasi masyarakat yang berkecimpung di sektor pertanian.

“Termasuk, berkolaborasi dengan seluruh lembaga terkait guna memberikan dukungan kepada petani,” jelasnya.

Dia juga menyebut bisa memanfaatkan Corporate Social Responsibility (CSR), perguruan tinggi, masyarakat yang ingin membantu, pelaku lembaga-lembaga sosial, lembaga zakat dalam memfasilitasi para petani.

“Karena banyak orang yang tidak mampu di Kota Depok ingin bertani, ingin usaha,” pungkasnya. (mg2/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan