Soal Capres 2024, Partai NasDem Terbuka dengan Sosok Eksternal

JAKARTA – Partai NasDem saat ini terus mematangkan berbagai persiapan dalam menyambut kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang.

Selain memanaskan struktural, Partai NasDem pun kini tengah mempertimbangkan soal siapa saja figur-figur capres tahun 2024 yang akan dimajukan nantinya.

Ketua Umum Partai NasDem (Nasional Demokrat) Surya Paloh turut buka suara terkait kriteria dari sosok yang akan diusung partainya di ajang Pilpres 2024.

Lebih jauh, Surya Paloh juga ikut membocorkan mengenai kemungkinan berapa nama figur yang akan dipertimbangkan partainya unutk menjadi bakal calon presiden 2024.

“Saya pikir tidak lebih dari tiga nama. Enggak lebih dari tiga,” kata Surya Paloh di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta Pusat, dilansir Jabarekspres.com dari JPNN.com.

Saat ini, lanjut Surya Paloh, pihaknya belum menentukan secara final kandidat capres untuk Pilpres 2024. Sebab, partainya masih menggodok nama-nama bakal capres melalui proses di internal.

“Nah, ini dalam penggodokan dan sedang diamati terus oleh tim Bappilu (Badan Pemenangan Pemilu, red) NasDem,” ucap Surya Paloh.

Partai NasDem, ditegaskan Surya Paloh, bukanlah partai politik yang bersikap eksklusif dalam mencari capres. Sehingga, partainya terbuka dengan sosok dari kalangan eksternal.

“Kami tawarkan NasDem memang terbuka, tentu tidak eksklusif,” kata Surya Paloh menegaskan.

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPP Partai NasDem Saan Mustopa sempat membocorkan kapan partainya akan membuka ke publik mengenai siapa sosok yang akan didorong maju di Pilpres 2024.

Lebih jauh, Saan Mustopa yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu juga menjelaskan tentang alasan partainya masih merahasiakan figur capres 2024.

“Di 2023, nanti kami (umumkan) di 2023. Sekarang kami sedang mempertimbangkan,” kata Saan Mustopa.

Walau kepastian pengumuman kandidat capres 2024 dilakukan NasDem sekira tahun depan, Saan Mustopa tak membantah bila memang ada tiga nama yang masuk pertimbangan.

Ke-3 nama itu, dikatakan Wakil Ketua Komisi II DPR itu, merupakan figur-figur di luar kader internal partainya. Di antaranya, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil.

“Jadi, tiga nama itu menjadi pertimbangan NasDem,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan