Partai NasDem Batalkan Konvensi Capres 2024?

JAKARTA – Partai NasDem saat ini tengah menjadi perbincangkan setelah secara terbuka menyampaikan sedang mempertimbangkan tiga tokoh untuk dimajukan menyongsong ajang Pilpres 2024.

Situasi ini pun membuat publik bertanya-tanya. Pasalnya, beberapa waktu lalu Partai NasDem sempat mengumumkan akan menggelar konvensi capres untuk menghadapi perhelatan Pilpres 2024.

Melansir Fajar.co.id, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh justru mengisyaratkan akan membatalkan konvensi capres yang menjadi sarana bagi partainya menentukan figur andalan di Pilpres nanti.

“Kenapa NasDem ingin membuat konvensi, kalau akhirnya calon ini tidak ditetapkan,” kata Surya Paloh saat meresmikan Tower Nasdem, di Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

“Dan (untuk apa jika) tidak berhasil untuk mengantarkan sebagai calon resmi yang diakui oleh KPU berdasarkan pada konstitusi dan undang-undang yang ada,” ucapnya menambahkan.

Lebih jauh, Surya Paloh mengatakan, soal nasib jika harus tetap melakukan konvensi dengan partai politik lain namun calon yang diusung kurang memenuhi standarisasi yang ditetapkan KPU.

“Jujur aja, NasDem tidak mampu untuk menawarkan dirinya sendiri kemudian mengusung seseorang siapapun yang dirasa tepat, pas, menjadi calon presiden kalau tidak memenuhi persyaratan legalistik yang ada,” tuturnya.

NasDem, lanjut Surya Paloh, saat ini terbuka dalam menyikapi dinamika politik di lapangan. Untuk saat ini, tambah dia, yang menjadi fokus partainya adalah melampaui target dalam Pilpres dan Pileg.

“Dua tahapan penting yang paling diutamakan oleh Nasdem yaitu Pilpres 2024 dan Pileg,” ucap Surya Paloh menandaskan.

Diberitakan Jabarekspres.com, Ketua DPP Partai NasDem Saan Mustopa sempat membocorkan kapan partainya akan membuka ke publik mengenai siapa sosok yang akan didorong maju di Pilpres 2024.

Lebih jauh, Saan Mustopa yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu juga menjelaskan tentang alasan partainya masih merahasiakan figur capres 2024.

“Di 2023, nanti kami (umumkan) di 2023. Sekarang kami sedang mempertimbangkan,” kata Saan Mustopa.

Walau kepastian pengumuman kandidat capres 2024 dilakukan NasDem sekira tahun depan, Saan Mustopa tak membantah bila memang ada tiga nama yang masuk pertimbangan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan