Ustadz Adi Hidayat Memberikan Tips agar Anak Mampu untuk Puasa

Jabarekspres.com Ustadz Adi Hidayat akan menerangkan cara mengajarkan anak agar mau melaksanakan puasa di bulan Ramadhan.

Sebentar lagi umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadhan, dari mulai anak-anak yang sudah balig hingga orang dewasa akan melakukan puasa.

Lalu bagaimana mengajarkan anak yang belum balig untuk mau puasa? Dilansir oleh Jabar Ekspres dari kanal YouTube Adi Hidayat Offical pada Sabtu 19 Februari 2022, berikut caranya.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan, mempersiapkan anak untuk puasa itu diikat oleh dua hal, maka yang pertama adalah belajar untuk puasa sebelum masuk masa balig sang anak.

Mempersiapkan puasa itu diikat dengan dua hal, yang pertama adalah belajar itu sebelum masuk kepada momentumnya, momentum yang menjadikan anak wajib puasa ketika masuk masa balignya,” kata Ustadz Adi Hidayat.

Menurut Ustadz Adi Hidayat, usia anak ketika belum balig bisa digunakan sebagai waktu untuk belajar puasa, bahkan jangan menunggu waktu bulan Ramadhan untuk latihan berpuasa.

“Jadi kalau dia belum baligh, sepanjang dia belum balig maka masih terbuka untuk belajar, jadi jangan sampai nanti ketika sudah balig anak itu, maka digunakan momen ramadahan untuk belajar, sebelumnya, sebelum sampai balig,” tambahnya.

Namun, jika anak kita sudah memasuki usia balig maka puasa menjadi wajib baginya, lantas kapan batasan balignya? Itu pada saat anak perempuan kita mulai haid, kemudian laki-laki ditandai dengan mulai bermimpi tertentu.

“Berapa batasannya sebelum balig ini? Balig kan ukurannya bisa berbeda-beda, untuk perempuan ketika datang haidnya misalnya, ya itu sudah berlaku balignya, laki-laki ketika mulai bermimpi tertentu, gitu kan, datang balignya,” ungkapnya.

Akan tetapi, yang perlu diperhatikan adalah sebelum anak kita memasuki usia balig, sepanjang dia mampu untuk melakukan puasa, baik itu mulai usia 4 tahun sampai 6 tahun, maka latihlah untuk melaksanakannya dengan cara semampunya.

“Namun poinnya, sebelum sampai kesitu, sebelum sampai ke usia balig tadi, sepanjang dia punya kemampuan untuk mulai berpuasa, berapa biasanya wajarnya? Kita bisa lihat kadang-kadang ada anak 4 tahun, 5 tahun, 6 tahun sudah mulai berlatih, nah berlatih itu jangan didorong untuk penuh dulu,” sambungnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan