Bagaimana Cara Mengqodho Sholat? Ini Penjelasan Buya Yahya

Jabarekspres.com – Buya Yahya mendapat pertanyaan dari seorang jamaahnya tentang niat untuk mengqodho sholat subuh, dan bagaimana cara melaksanakannya?

Ketika lelah menjalani aktivitas seharian penuh, tidur merupakan bentuk istirahat tubuh yang paling dibutuhkan, akan tetapi tidak sedikit orang yang akhirnya kebablasan melewatkan sholat subuh.

Lalu, bagaimana niat untuk mengqodho sholat yang terlewat? dan kapan harus melaksanakannya? Simak terus artikel ini karena Buya Yahya akan menjawabnya.

Dilansir oleh Jabar Ekspres dari kanal YouTube Al-Bahjah TV pada Sabtu 19 Februari 2022, berikut cara mengqodho sholat yang terlewat.

Menurut Buya Yahya, jika kita ketinggalan sholat subuh maka bisa menggantinya dengan cara qodho, dan waktu qodhonya pun bisa dilaksanakan kapan saja.

Misalnya, ketika kita ketinggalan sholat subuh, qodhonya bisa dilaksanakan langsung pada waktu duha ataupun mendekati waktu dzuhur.

“Ketinggalan subuh maka di qodho, ngodhonya kapan saja, kaidahnya lebih cepat lebih bagus, tidak harus nunggu subuh besok,” kata Buya Yahya.

Buya Yahya sendiri tidak mematok waktu untuk menqodho sholat yang telah terlewat oleh kita, tetapi bila dikerjakan lebih cepat itu akan lebih baik.

“Qodhonya bisa sebelum dzuhur, setelah dzuhur, ashar, pokonya bebas, engga ada waktunya, yang penting lebih cepat lebih bagus,” sambungnya.

Dalam membaca niat untuk mengqodho sholat itu sama seperti niat sholat seperti biasa, dengan menggunakan niat sholat yang sempat terlewat tersebut.

“Adapun niatnya sama, yang diutangi subuh ya sholatnya kaya subuh,” ucapnya.

Buya Yahya menerangkan bahwa tidak menggunakan niat secara lisan pun boleh dilakukan, yang terpenting niat dalam hati untuk mengganti sholat yang tidak sengaja terlewat oleh kita.

“Engga usaha anda sebut pun juga sah, yang penting aku sholat dzuhur selesai 4 rakaat, di waktu duha di waktu dzuhur,” ungkapnya

Sebagai penutup, seluruh umat muslim dihimbau untuk jangan pernah berani meninggalkan sholat, sebab hukumannya begitu besar di hadapan Allah SWT.

Tidak lupa, beliau juga mendoakan kita semua agar menjadi ahli sholat, sehingga diri kita menjadi hamba yang istimewa di hadapan Allah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan