‘Satu Data Kota Depok’ Jadi Isu Strategis Diskominfo

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) tengah memasukkan isu ‘Satu Data Kota Depok’ sebagai isu strategis dalam perumusan pada Forum Rencana Kerja (Renja) Diskominfo untuk tahun 2023 mendatang.

Satu Data Kota Depok merupakan bentuk keterbukaan informasi publik yang telah lama diharapkan dapat terwujud di Kota Belimbing itu.

Kepala Diskominfo Kota Depok, Manto mengatakan program Satu Data Kota Depok akan direalisasikan melalui layanan satu data dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Dalam isu strategis Satu Data Kota Depok ini kami ingin mewujudkan keterbukaan informasi publik melalui layanan satu data dan SPBE,” kata Manto, Jumat (18/2).

Dia juga menyebutkan, Diskominfo akan segera menyediakan infrastruktur digital yang berkualitas, aksesibel (mudah diakses) dan terintegrasi.

Selain itu, Manto menyebut isu yang dibahas di Forum Renja untuk tahun 2023 tidak hanya mencakup Satu Data Kota Depok.

“Selain Satu Data Kota Depok, terdapat isu strategis lainnya yang dirumuskan untuk tahun 2023,” kata dia.

Adapun, isu strategis yang dimaksud antara lain, Persandian dan Keamanan Informasi serta Diseminasi Komunikasi dan Informasi Publik, Smart City di semua sektor, dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Kami ingin meningkatkan pembangunan infrastruktur berbasis teknologi dan berwawasan lingkungan serta meningkatkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang modern dan partisipatif,” ujar Manto.

Di samping itu, pihaknya berharap, seluruh kegiatan di instansi yang dipimpinnya bisa berjalan dengan maksimal. Dengan begitu, target yang dicanangkan, dapat berjalan sesuai rencana.

“Semoga apa yang telah direncanakan dapat berjalan sesuai rencana. Untuk mewujudkan rencana ini peran dan dukungan masyarakat sekaligus stakeholder terkait sangat dibutuhkan demi kelancaran program-program Diskominfo,” tandasnya. (mg2/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan