Pansus VI DPRD Jabar Inginkan Proyek Terminal Ciledug Sesuai Target

CIREBON – Proses pembangunan proyek Terminal Ciledug yang sedang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat mendapat perhatian langsung dari Pansus VI DPRD Jabar.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Achmad Ru’yat Bersama anggota lainnya melihat langsung progress pembangunan Terminal Tipe B Ciledug.

Menurutnya, Terminal Ciledug merupakan aset yang dialihkan kepada Provinsi Jawa Barat. Terminal ini dibangun sebagai upaya untuk memberikan pelayanan dan kemudahan transportasi untuk masyarakat.

Total luas aset lahan yang dialihkan adalah 8.000 meter2. Lahan tersebut akan dilakukan penataan dengan membangun Kembali Terminal Ciledug untuk kepentingan masyarakat.

“Jadi kita on the spot melihat langsung dan berknoordinasi dengan petugas,” kata Ru’yat saat meninjau Terminal Ciledug bersama Pansus VI DPRD Jabar pada Jumat 18 Februari 2022.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menuturkan, terkait anggaran yang diproyeksikan untuk terminal dapat dilaksanakan sesuai dengan peruntukannya dan ketentuan.

Namun, pada proses dan hasil pekerjaannya nanti harus sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan dengan kualitas baik.

‘’Ini semata-mata untuk kepentingan masyarakat agar mendapatkan kemudahan dan kenyamanan saat menggunakan fasilitas tersebut,’’kata Ru’yat.

Ditempat sama, Ketua Panitia Khusus (Pansus) VI DPRD Jabar Hasbullah Rahmad menegaskan, secara ideal tanah dibangun untuk terminal tipe B ini  sekitar 1 hektar.

Pansus VI akan terus memonitoring progress pembangunan Terminal Ciledug agar selesai tepat waktu dan memiliki kualitas pengerjaan yang baik.

Terminal ini nantinya akan memiliki berbagai fasilitas seperti ruang tunggu, area parkir kendaraan dan sarana pendukung lainnya.

Keberadaannya diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi dengan memanfaatkan inovasi teknologi.

Misalnya, memberikan pelayanan dengan memanfaatkan aplikasi pemesanan e-ticket, agar masyarakat bisa memesan tiket secara online.

Hasbullah menambahkan, sejauh ini proses rencana pembangunan sudah masuk dalam proses tender dengan taeget penyelesaian akhir 2022.

“Ya harapan saya proses tender mudah-mudahan cepat selesai dan dengan tempo yang cepat, sejauh ini target penyelesaiannya pada akhir tahun 2022,’’tutur polisi Partai amanat Nasional (PAN) Jabar ini.

Sementara itu, sebelumnnya, Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan, Pemdaprov Jabar sudah mengalokasikan anggaran untuk Rp60 Miliar untuk pembangunan Terminal Ciledug di Kabupaten Cirebon.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan