Penderita DBD, Coba Makanan Tinggi Vitamin Ini untuk Pertahankan Trombosit

JAKARTA Penyakit demam berdarah dengue (DBD) disebabkan oleh virus Dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.

DBD dapat menimbulkan gejala berupa demam tinggi, nyeri otot, sakit kepala, mual, dan muntah. Ketika penyakit tersebut menyerang, tubuh akan mengalami penurunan trombosit secara drastis.

Kondisi ini harus segera ditangani, karena dapat memicu terjadinya komplikasi serius, seperti perdarahan. Penderita DBD juga akan mengalami gejala lain berupa trombositopenia atau penurunan trombosit dalam darah.

Dikutip dari laman Alodokter, penyebab turunnya trombosit saat DBD diduga terjadi karena trombosit dalam pembuluh darah mengalami kerusakan atau produksi trombosit dari sumsum tulang berkurang akibat infeksi virus Dengue.

Dalam tubuh, jumlah trombosit normal adalah 150.000–450.000 sel per mikroliter darah. Sedangkan ketika saat mengalami DBD, jumlah trombosit akan turun bahkan kurang dari 100.000 sel per mikroliter.

Penurunan trombosit ini umumnya terjadi pada hari ke-4 setelah terinfeksi virus dengue dan akan terus mengalami penurunan hingga hari ke-6.

Biasanya trombosit akan naik secara perlahan pada hari selanjutnya. Untuk itu, penderita DBD yang mengalami trombositopenia perlu melakukan tes darah secara rutin.

Berikut ini adalah beberapa jenis vitamin yang terdapat dalam beberapa makanan yang bisa bantu tubuh untuk menghasilkan dan mempertahankan trombosit.

1. Vitamin B12

Vitamin ini berperan untuk menjaga kesehatan sel darah, termasuk trombosit. Agar bisa mendapatkannya, kita dapat dapat mengonsumsi hati sapi, telur, susu, dan keju.

2. Asam Folat

Asam folat bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta pembentukan sel darah dan salah satunya adalah trombosit. Sumber folat yang dapat Anda konsumsi adalah kacang-kacangan, jeruk, dan sayuran hijau seperti bayam.

3. Vitamin C

Vitamin C dapat meningkatkan umlah trombosit dalam darah saat DBD dan membantu proses pembekuan darah. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin ini, Anda disarankan agar mengonsumsi buah seperti jeruk, kiwi, mangga, dan jambu biji.

Bila Anda mengalami gejala DBD, disertai nyeri perut hebat atau perdarahan yang tak kunjung berhenti, segeralah periksakan diri ke dokter. (fin/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan