Tips Melakukan Diet yang Aman

JAKARTA – Banyak penyebab seseorang ingin menurunkan berat badannya atau diet, bisa karena kelebihan berat badan ataupun karena masalah kesehatan.

Oleh karena itu, banyak yang berusaha menurunkan berat badan mereka dengan olahraga, diet ketat dan menghindari mengonsumsi beberapa makanan tertentu.

Jika melakukan diet dengan cara yang tidak sehat, hal ini tentu berbahaya untuk tubuh. Nah, ada beberapa cara aman menurunkan berat badan seperti dikutip dari laman Benenden.

1. Mengubah kebiasaan

Ketika mulai diet, kamu akan mencapai lebih banyak penurunan berat badan dalam beberapa minggu pertama, tetapi kemudian dibutuhkan banyak usaha untuk mempertahankan tingkat penurunan berat badan yang sama.

Namun, jauh lebih baik untuk menurunkan berat badan secara perlahan dan berkelanjutan dengan menghilangkan beberapa kebiasaan buruk, seperti:

-Jangan bersantai di sofa setelah bekerja, ajaklah anjing atau anak jalan-jalan.

-Lakukan lebih banyak aktivitas. Gunakan tangga saat naik atau turun, parkir di ujung tempat parkir, antar anak ke sekolah, lakukan kelas online di rumah.

2. Rencanakan makanan Anda

Buat daftar belanja dan patuhi, jangan tergoda oleh makanan tidak sehat di kasir supermarket. Untuk menghemat waktu, masaklah beberapa ide makan malam sehat seminggu sekali dan simpan di dalam freezer sehingga kamu bisa mendapatkan makanan bergizi dengan mudah di malam hari.
Jangan lupa perhatikan porsinya. Cobalah untuk tidak melewatkan sarapan. Memulai hari dengan sarapan yang sehat membantu tidak tergoda oleh makanan tinggi kalori pada siang hari.

Bawalah camilan sehat, misalnya sekantong kacang atau beberapa camilan. Karena jauh lebih mudah untuk tidak meraih cokelat batangan terdekat jika kamu memiliki camilan tersebut.

3. Dapatkan jaringan dukungan

Menurunkan berat badan bisa menjadi tantangan, tetapi bantu diri kamu sendiri agar berhasil dengan melibatkan teman dan keluarga. (jpnn/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan