oleh

Sanghyang Heuleut, Wisata Alami Danau Purba di Bandung Barat

RAJAMANDALA – Tak ada yang menyangka jika dibalik deru mesin pembangkit listrik PLTA Saguling, Kabupaten Bandung Barat, terdapat surga wisata tersembunyi. Namanya Sanghyang Heuleut.

Sanghyang Heuleut adalah surga wisata tersembunyi yang berada di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Keindahan danau kecil dengan air berwarna hijau yang dikelilingi bebatuan besar itu sangat cocok dijadikan destinasi wisata di KBB, selain Lembang.

Sanghyang memiliki arti ‘sesuatu yang dianggap suci’ dan heuleut berarti ‘selang antara dua waktu’.

Baca Juga:  Karang Potong Ocean View, Objek Wisata Alam di Cianjur Wajib Dikunjungi!

Konon katanya wisata itu dulunya dijadikan tempat mandi bidadari, maka Sanghyang Heuleut diartikan tempat suci yang dikunjungi bidadari yang memiliki waktu berbeda dengan manusia.

Tempat wisata yang berada di tengah hutan dan diapit tebing itu merupakan danau purba yang merupakan hasil letusan Gunung Api Purba yang bernama Gunung Sunda. Peninggalan itu bisa dilihat dari bebatuan besar dan menjulang tinggi.

Selain bebatuan besar, terdapat saluran air terjun kecil yang mengalir dari Sungai Citarum Purba. Aliran Sungai Citarum Purba itulah yang mengairi danau hijau Sanghyang Heuleut.

Baca Juga:  Karang Potong Ocean View, Objek Wisata Alam di Cianjur Wajib Dikunjungi!

Kemudian, bagi Anda yang ingin berpetualang ke Sanghyang Heuleut, sebaiknya menyiapkan kondisi fisik yang fit dan prima. Sebab, dari lokasi parkir dan loket pembayaran yang berada di sekitar PLTA Saguling, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 5 kilometer.

“Kalau diwaktu, tadi jalan kaki itu sekitar satu jam dari tempat parkir. Lumayan lelah juga,” ujar Bayu Rohman, wisatawan asal Kota Bandung, belum lama ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.