Radang Lambung Bisa Memicu Kanker

JAKARTA – Penyakit radang lambung hingga kanker lambung dapat disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori (H. pylori). Bakteri tersebut juga banyak ditemukan pada permukaan epitel di antrum lambung.

Ahli Spesialis Gastroenterologi FKUI-RSCM Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, mengatakan selain menjadi penyebab utama tukak atau luka di lambung, bakteri tersebut terdapat di mukosa lambung.

Bakteri ini dapat bertahan dalam suasana asam di lambung, kemudian terjadi penetrasi terhadap mukosa lambung, dan pada akhirnya H. pylori berkolonisasi di lambung. Banyak perhatian terfokus pada kemungkinan hubungan antara infeksi H.pylori dan GERD, dalam beberapa manifestasinya (Esofagitis dan Barret’s esophagus).

Selain itu, H.pylori juga sering menyebabkan gastritis atau radang lambung. Jadi, harus diwaspadai untuk penderita gastritis kronis atau yang sudah lama.

“H. pylori juga sudah diketahui dapat menyebabkan kanker lambung,” tegas Prof Ari.

Untuk pengobatan bakteri H.Pylori, tingkat eradikasi dengan (Penghambat Pompa Proton) PPI dan antibitiok tidak mencapai hasil yang diharuskan yaitu paling tidak 90 persen. Saat ini terdapat inovasi baru yang digunakan untuk pengobatan GERD dan H. Pylori, yaitu Vonoprazan.

Vonoprazan merupakan obat penekan asam lambung baru, dari kelas yang berbeda dengan obat-obat sebelumnya, yaitu kelas Potassium-Competitive Acid Bloker (PCAB). Vonoprazan dapat meningkatkan Ph lambung secara cepat, pereda nyeri ulu hati yang cepat, menyembuhkan esofagitis erosif yang parah secara cepat dan lebih baik daripada PPI, dan mampu mengontrol dengan baik sekresi asam pada malam hari.

Obat ini sudah digunakan sebagai first line terapi dalam eradikasi infeksi H. pylori di Jepang, dan dipercaya dapat menggantikan peran Proton Pump Inhibitor (PPl) dengan tingkat eradikasi yang lebih baik. Vonoprazan memiliki tingkat eradikasi lebih tinggi, durasi aksi yang lebih lama, lebih stabil dan tingkat keberhasilan lebih tinggi dibandingkan dengan PPI.

“Vonoprazan dapat diindikasikan bagi penderita tukak lambung, refluks esophagitis, untuk pemberantasan H.pylori dan pencegahan tukak lambung berulang pada penggunaan aspirin dosis rendah dan penggunaan NSAID,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan