Sering Sakit Punggung? Begini Cara Mengatasinya

JAKARTA – Pola gaya hidup yang tidak sehat, bisa menyebabkan seseorang terkena sakit punggung. Pola gaya hidup yang tidak sehat tersebut seperti, tidak banyak bergerak, posisi tubuh yang tidak baik, seperti posisi duduk dan lainnya.

Tak perlu menggunakan alat kesehatan untuk meredakan sakit punggung, ada cara mudah yang bisa membantu mengatasi hal tersebut, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Olahraga secara teratur

Salah satu hal terpenting yang bisa kamu lakukan untuk mencegah sakit punggung adalah aktif bergerak dengan berolahraga secara teratur. Olahraga bisa meningkatkan kekuatan, daya tahan tubuh, serta mendukung otot-otot untuk bekerja lebih efektif.

Membangun otot yang kuat dan lentur akan memacu metabolisme tubuh bekerja lebih baik untuk menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan.

2. Perbaiki posisi tubuh

Memperbaiki posisi dan postur tubuh nyatanya memberikan pengaruh yang signifikan sebagai upaya mencegah nyeri punggung. Pasalnya, kesehatan tulang belakang terlebih tulang punggung ditentukan dari bagaimana posisi saat berbaring, duduk, dan berdiri.

3. Berhenti merokok

Merokok diketahui meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker, termasuk kanker paru-paru dan kanker usus besar. Namun, kebanyakan orang tidak sadar merokok juga bisa menjadi penyebab sakit punggung yang alami bisa semakin parah.
Pasalnya merokok mempersempit pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah mengakibatkan asupan oksigen dan nutrisi yang sampai ke tulang belakang berkurang, sehingga perokok kerap mengalami nyeri punggung. (genpi/jpnn/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan