Besok Terakhir, Vaksinasi Anak SD di Wilayah PKM Cibeunying

CIBEUNYING – Vaksinasi anak mulai dilaksanakan sejak tanggal 30 Desember tahun 2021 lalu. Kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk siswa sekolah dasar (SD) di wilayah kerja Puskesmas Cibeunying, Kabupaten Bandung, bakal berakhir besok, Sabtu (12/2).

Hal tersebut disampaikan Kepala Puskesmas Cibeunying, Nita Emilia kepada wartawan seusai melakukan vaksinasi rutin pada hari Jumat (11/2).

“Sebanyak 30 SD kami tangani. Pelaksanaannya selama 2 minggu. Minggu pertama Januari – minggu kedua. Dan terakhir besok tuh, Sabtu,” ungkap Nita.

Meski sudah digencarkan sejak tahun lalu, dia mengatakan, capaian vaksinasi anak-anak SD ini masih di bawah target.

“Masih banyak anak yang belum mau, mengingat perlu ada izin orang tuanya lebih dulu,” sambungnya.

Melihat dari persentase, apabila vaksin anak SD putaran pertama dan kedua digabungkan, angkanya hanya menyentuh 80 persen.

Dia mengaku, salah satu kendala dalam vaksinasi tersebut yaitu perihal izin dari orang tua anak/siswa. Masih banyak yang enggan anaknya untuk divaksin.

“Kurangnya (peserta vaksin) banyak. Ada berbagai alasan dari sejumlah orang tua siswa yang tak mengizinkan anaknya untuk vaksin. (Alasan) yang klise maupun enggak klise,” ujarnya.

Nita menambahkan, untuk vaksin yang digunakan adalah jenis Sinovac (peserta vaksin berumur 6-12 tahun), Pfizer (peserta vaksin 12-17 tahun), adapun penggunaan vaksin untuk umum, Johnson & Johnson dipakai pada dosis pertama.

“Kami itu (menangani) vaksinasi 30 sekolah dasar di wilayah kerja PKM Cibeunying. Wilayah kerja saya empat; Kelurahan Cibeunying, Kelurahan Padasuka, Desa Ciburial sama Desa Mekarsaluyu,” pungkasnya. (zar/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan