Maksimalkan Layanan Kependudukan, Kabupaten Sumedang Terjunkan Simoyan Adminduk ke Tiap Desa

SUMEDANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang maksimalkan pelayanan terhadap masyarakat, termasuk dalam administrasi kependudukan.

Guna memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan, Pemkab Sumedang lakukan jemput bola ke desa-desa.

Melalui Sistem Mobil Pelayanan Administrasi Kependudukan (Simoyan Adminduk), kini masyarakat Sumedang bisa menyelesaikan proses pembuatan e-KTP, Kartu Keluarga hingga Akta Kelahiran lebih mudah dan dekat.

Salah seorang warga Desa Pasirnanjung, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Novi, 26, mengaku bahwa Simoyan Adminduk sangat bermanfaat.

“Selain gratis, pelayananannya juga gak ribet terus cepat dan (e-KTP) bisa langsung dibawa pulang,” kata Novi, Kamis (10/2).

Menurutnya, layanan Simoyan Adminduk harus terus dilakukan, sebab sangat bermanfaat bagi warga terutama yang kurang mampu untuk mendapatkan kelengkapan dokumen kependudukan.

“Terbantu banget. Jadi kita gak usah jauh-jauh ke kecamatan. Kalau dekat dengan rumah, kalau ada berkas yang kurang, gak jauh bolak-baliknya,” pungkas Novi.

Sementara itu, Penata Kependudukan dan KB pada Disdukcapil Kabupaten Sumedang, Gingin Erma Hidayat mengatakan, pihaknya menerima sebanyak mungkin berkas dan perekaman warga untuk dikumpulkan.

“Sejauh ini respon masyarakat sangat positif terhadap Simoyan Adminduk, apalagi bagi warga desa yang jauh ke kantor kecamatan,” imbuh Erma.

“Lokasi dari desa ke kecamatan cukup jauh sehingga masyarakat banyak yang gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk datang melakukan perekaman, ganti KTP atau membuat KK,” tambahnya.

Dalam pemaparannya Erma menuturkan, perekaman e-KTP ke tiap desa melalui Simoyan Adminduk sudah rutin dilakukan sejak Januari 2022.

“Untuk Sapa Warga dimulai dari beberapa desa di Kecamatan Sukasari, Cibugel, Paseh dan Jatinunggal. Tapi kalau program kami (Simoyan Adminduk) itu hampir semua (kecamatan),” tutup Erma. (mg5)

Tinggalkan Balasan