Dinkes Sarankan Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri di Rumah Lakukan Ini

DEPOK – Kabar baru bagi warga Depok, utamanya bagi yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan memilih isolasi mandiri (isoman) di rumah agar perlu lakukan sejumlah hal penting ini.

Adapun hal apa saja yang harus dilakukan selama isolasi di rumah antara lain, membawa cemilan, ponsel, laptop, maupun buku bacaan lainnya.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati saat memberikan panduan bagi warga yang isolasi mandiri di rumah.

Menurutnya, pasien yang menjalani isoman tidak perlu cemas. Ia justru menyarankan agar pasien bersangkutan perbanyak lakukan hal-hal positif.

“Cukup dengan melakukan komunikasi melalui ponsel dan melakukan aktivitas positif seperti beribadah, membaca, menonton ataupun berolahraga, kata Mary, Kamis (10/2).

Ia menyarankan, khsusus pasien Covid-19 tanpa gejala diimbau untuk menjalani isoman di rumah saja. Dengan begitu, pasien cukup memperhatikan sejumlah panduan kegiatan yang telah disebutkan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Meski begitu, lanjut dia, selama menjalani isoman di rumah selain terdapat kegiatan-kegiatan wajib yang boleh dilakukan, juga ada yang tak boleh dilakukan.

“Kegiatan yang tidak boleh dilakukan seperti keluar kamar, melakukan aktivitas yang mengganggu orang lain, dan merokok, menerima tamu, atau menggunakan barang sama dengan orang lain,” paparnya.

Di samping itu, ia mengimbau agar pasien wajib mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang seperti buah dan sayuran.

“Selain itu, harus cukup tidur atau istirahat, berolahraga, terpapar cukup sinar matahari dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS),” timpalnya.

Kegaitan wajib lainnya yang tak boleh ditinggalkan atau diabaikan yakni rajin cuci tangan pakai sabun atau menggunakan hand sanitizer sesering mungkin, serta memakai masker dengan benar saat keluar kamar atau ruangan.

“Kemudian, menjaga kebersihan kamar dan rutin disinfektan area kamar yang sering disentuh serta melaporkan kondisi kesehatan setiap hari kepada petugas pemantau Puskesmas melalui whatsapp,” pungkasnya. (mg2/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan