Tips Memakai Masker Agar Terhindar dari Masalah Kulit

JAKARTA – Saat pandemi Covid-19, memakai masker sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Memakai masker tentu saja sebagai upaya untuk mencegah agar terhindar dari virus Covid-19. Namun, salah satu yang menjadi masalah saat mengenakan masker adalah timbulnya masalah kulit wajah.

Masalah kulit wajah ini bisa berupa jerawat, kulit kering, bibir kering dan lainnya. Hal ini tentu saja bisa membuat malas untuk memakai masker.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa trik yang bisa dilakukan. seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Membersihkan dan Melembabkan Wajah Setiap Hari

Dengan perawatan yang lembut, bisa mencegah masalah kulit. Untuk itu, saat mencuci muka gunakan pembersih yang bebas wangi.

2. Pilih Pelembab Sesuai Kulit Wajah

Untuk jenis kulit yang kering, Anda bisa menambahkan pelembab lapisan pelindung untuk mengurangi kekeringan pada kulit wajah. Dokter kulit merekomendasikan kulit yang kering untuk memakai pelindung berjenis krim.

Sementara untuk kulit berminyak menggunakan gel pelembab. Jika Anda memiliki jerawat atau cenderung berjerawat, gunakan gel pelembab. Oleskan pelembab sebelum dan sesudah memakai masker.

3. Oleskan Pelembab pada Bibir

Selain kulit wajah, bagian yang perlu Anda lindungi adalah bibir. Dokter kulit menyarankan agar Anda mengoleskan petroleum jelly untuk menghindari kulit kering dan bibir pecah-pecah akibat memakai masker.

Petroleum jelly bisa dioleskan setelah mencuci muka, sebelum mengenakan masker, dan sebelum tidur. Untuk mencegah timbulnya jerawat, pastikan hanya mengoleskannya pada area bibir saja.

4. Hindari Memakai Riasan

Anda juga disarankan tidak memakai riasan saat mengenakan masker. Sebab, di balik masker riasan cenderung menyumbat pori-pori dan bisa menyebabkan jerawat. Jika riasan memang diperlukan, gunakan produk berlabel non-komedogebik atau tidak akan menyumbat pori-pori.

5. Beri Jeda Mengenakan Masker

Mengambil jeda atau melepas masker selama 15 menit setiap empat jam juga disarankan oleh dokter kulit. Namun, hal ini tentu saja harus dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal. Di antaranya adalah di luar ruangan, dengan jarak dengan orang lain minimal dua meter. Di dalam mobil saat Anda sendirian dan di rumah. (genpi/jpnn/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan