Mantan Mendiknas Era Gusdur, Yahya Muhaimin Meninggal Dunia

JAKARTA – Kabar duka datang dari dunia pendidikan di Tanah Air. Mantan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) periode 1999-2001 Yahya Muhaimin meninggal dunia.

“Assalamualaikum. Wr. Wb. Innalilahi wa innailaihi rojiuun. Kabar duka. Telah wafat pakde kami. Bapak Prof. H. Yahya A. Muhaimin, Rektor Universitas Peradaban atau mantan menteri pendidikan era gus dur,” tulis pesan singkat di WhatsAppdi  Group wartawan, Rabu (9/2).

Almarhum meninggal dunia di Purwokerto pada hari ini, Rabu pukul 10.15 WIB. Diketahui bahwa Yahya Muhaimin menjabat sebagai menteri pada era Presiden Keempat Indonesia, Abdurrahman Wahid atau lebih dikenal Gus Dur.

“Hari Rabu 9 Februari 2022 jam 10.15 di Purwokerto. Rencana pemakaman sore ini di Pengempon. Mohon maaf dan doa. Billahi taufik wal hidayah Waalaikumsalam Wr. Wb,” bunyi pesan itu.

Sebagai informasi, beliau merupakan Mendiknas pada Kabinet Persatuan Nasional. Ia meraih gelar sarjana pada tahun 1971 dari Universitas Gadjah Mada dan gelar doktor dari Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1982.

Sebelum diangkat menjadi menteri, ia adalah dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM. Pria yang lahir pada 17 Mei 1943 ini, hingga akhir hayatnya juga menjabat sebagai Rektor Universitas Peradaban Bumiayu. (jawapos-red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan