Kronologi Lengkap Penangkapan Puluhan Warga Wadas oleh Polisi, Listrik Padam, Dikurung di Masjid

PURWOREJO – Warga Desa Wadas, Bener, Purworejo, Jateng, mengungkap kronologi masuknya aparat gabungan ke desa mereka terkait konflik pengukuran tanah untuk bendungan Bener.

Aktivitas ribuan polisi yang masuk ke kawasan Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo dijelaskan oleh Gerakan Masyarakat Peduli Alam Desa Wadas (Gempadewa) melalui laman media sosial.

Melalui laman Twitter @wadas_Melawan, Selasa malam (8/2), admin ini menceritakan bahwa pada sejak Senin (7/2) ribuan aparat mencoba masuk ke Desa Wadas.

Aparat mulai mendirikan tenda di Lapangan Kaliboto, Kecamatan Bener dan mengadakan apel.

“Malam harinya, terjadi pemadaman listrik di Desa wadas, sementara desa-desa sekitarnya tetap menyala,” demikian penjelasan Gempadewa.

Keesokan harinya, Selasa (8/2) sekitar pukul 07.00 WIB, salah satu warga Wadas bersama istrinya yang akan ke Kota Purworejo makan di sebuah warung dekat Polsek Bener.

Saat melihat kondisi Polsek itu, tiba-tiba warganya itu didatangi oleh beberapa orang polisi.

Ia kemudian diamankan. Beruntung sang istri berhasil lolos dan kembali ke desanya.

Satu jam kemudian, ribuan polisi bersenjata lengkap dengan anjing pelacak dan pemburu melakukan apel.

Satu jam kemudian sekitar pukul 09.00 WIB, tim pengukur dari Kantor Pertanahan Purworejo masuk ke Desa Wadas.

“Pukul 9.30 WIB akses masuk ke desa Wadas sudah dipadati aparat polisi. Beberapa mobil polisi masuk ke Wadas dan merobek serta mencopot poster penolakan terhadap ertambangan di Desa Wadas,” jelas Gempadewa.

Diceritakan @Wadas_Melawan, sekitar pukul 10.48 WIB, ribuan aparat berhasil memasuki Desa Wadas. Mereka datang menggunakan motor, mobil dan jalan kaki.

Tepat pukul 12.00 WIB aparat polisi mengepung warga yang sedang mujahadah di Masjid yang berada di Dusun Krajan.

Di Saat yang bersamaan proses pengukuran lahan yang dilakukan di hutan tetap berjalan.

“Pukul 12.24 WIB aparat kepolisian mendatangi ibu-ibu yang sedang membuat besek di posko-posko jaga dan merampas besek, pisau dan peralatan dapur untuk membuat besek,” demikian kronologinya.

“Bentak dan makian juga mereka lontarkan kepala pemilik rumah. Padahal banyak perempuan, Lansia, dan anak-anak,” demikian penjelasan GempaDewa.

Sekitar pukul 13.05 WIB, polisi kembali menangkapi puluhan warga dan anak kecil. Di desa Wadas dilaporkan warga susah mendapatkan sinyal, sebab ada indikasi di takedown.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan