DPRD Kota Bandung Meminta Pers Selalu Miliki Nilai Kritis dan Berimbang

BANDUNG – Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN), Ketua DPRD Kota Bandung Teddy Rusmawan mengatakan bahwa pers harus bisa menjadi penyampai informasi sesuai data dan fakta.

Pers harus mampu untuk mengedepankan keberimbangan berita dalam setiap liputannya. Dengan begitu Pers akan menjadi media informasi yang dibutuhkan masyarakat.

Menurut Teddy Rusmawan, pers juga harus mampu menjadi perekat bangsa di tengah informasi hoaks yang berkembangan melalui media sosial.

“Kita berharap bahwa pers ini memberikan data dan fakta yang mendorong agar bangsa semakin besar, bukan mempolarisasikan,” harap politisi PKS itu.

Tedy menuturkan, bangsa ini sedang bangkit dan untuk itu butuh optimisme. Karenanya harus saling menguatkan sebagai bangsa yang berideologi Pancasila.

Lanjutnya kedekatan dengan yang maha pencipta pun menjadi hal krusial untuk membangkitkan optimistis dengan menghadirkan narasumber terpercaya.

‘’Mudah mudahan pers menjadi jembatan informasi dalam berbagai hal baik pemerintah maupun non pemerintah di berbagai aspek baik masyarakat dan di luar masyarakat,” ujar Teddy.

Sementara itu Wakil Ketua I DPRD Kota Bandung Ade Supriadi menyampaikan, pihaknya dukung penyehatan perusahaan media.

Politisi partai Gerinda ini mendukung penuh segala bentuk upaya penyehatan perusahaan pers dari dampak pandemi, terutama dari segi finansial.

“Saya paham, terpaan pandemi ini juga dialami perusahaan media. Perlul upaya penyehatan media, termasuk dukungan dari pemerintah,’’kata dia.

Media perlu bertahan. Dengan terjaminnya kesejahteraan jurnalis, insyaallaah bangunan demokrasi semakin kokoh karena pentingnya peran pers.

fungsi pers begitu penting jika dihadapkan dengan pembentukan demokrasi yang ideal. Pers akan menyeimbangkan setiap informasi yang berkaitan dengan jalannya pemerintahan.

‘’Publik akan semakin tercerahkan dengan tugas media yang mendalami sebuah isu,’’cetus Ade.

Setiap peristiwa yang muncul akan diulas lengkap untuk membongkar mana arah yang baik bagi publik, dan mana yang harus diinvestigasi untuk menjadi evaluasi bersama.

Ia mengatakan,pihaknya rutin menggelar rapat untuk mengawasi kinerja birokrasi. Dari hasil rapat itu, sejumlah temuan akan dibagikan kepada jurnalis untuk dipublikasikan dan meraup tanggapan dari warga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan