Airlangga Hartarto Bantah Kondisi Perekonomian Indonesia Terpuruk

KENDARI – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan, banyak kalangan yang mengatakan, semenjak diterpa wabah Covid-19, perekonomian Indonesia mengalami keterpurukan dan porak poranda.

Mendengar kabar tersebut, Airlangga yang juga Ketua Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto membantah kabar tersebut.

Menurutnya, kondisi perekonomian Indonesia saat ini berangsur pulih dan menjadi terbaik keempat di dunia dibandingkan negara lain.

Kendati begitu, Airlangga mengakui banyak negara-negara yang perekonomiannya terkena dampak Pandemi. Namun, berbagai data menjadi bukti bahwa Indonesia mapu bertahan dari hantaman Pandemi Covid-19.

‘’Benar pandemi melanda dunia, tapi kita tak sampai porak poranda. Justru kita dianggap 4 negara terbaik,” kata Airlangga, dalam rangkaian seminar perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kendari, Selasa (8/2).

Dia menuturkan, kondisi perekonomian Indonesia pada 2021 tumbuh 3,69 persen. Sedangkan untuk tahun ini ditargetkan pertumbuhan mencapai 5,2 persen.

Target ini bisa dicapai jika seluruh pihak memberikan dukungan dengan syarat Pandemi Covid-19 terkendali.

Selain itu, percepatan vaksinisasi menjadi faktor penting untuk pengendalian Covid-19 ini. Dengan begitu vaksinisasi kedua dan Booster di tahun ini harus dituntaskan.

Meski saat ini marak varian omicron,  pemerintah tetap optimistis dapat tercapai. Apalagi hingga saat ini, jumlah masyarakat menerima vaksin lebih banyak.

Untuk vaksinasi tambahan atau booster sudah diberikan juga untuk masyarakat. Jadi tak cuma untuk para tenaga Kesehatan.

‘’Tapi juga untuk masyarakat umum. Vaksin ketiga juga kita dorong terutama untuk lansia dan yang punya komorbid,” tutur Menko Airlangga.

Selain itu, untuk pemulihan ekonomi akn terus dilakukan pada tahun ini. Berbagai kebijakan stimulus bantuan untuk masyarakat akan tetap dilanjutkan.

‘’Jadi Indonesia akan makin dekat dengan kondisi normal. Pembalikan di kuartal IV ini harus kita jaga momentumnya di tahun ini,” ucap Airlangga.

Diakhir acara Menko Airlangga Hartarto mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional (HPN) dan mengajak untuk sama sama membangun Indonesia untuk lebih maju. (red).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan