Airlangga Hartarto Ajak Insan Pers Berperan Membangun Kemajuan Bangsa

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto mengakui, peran pers dalam memberikan informasi kepada masyarakat sangat penting.

Selain sebagai penyeimbang, Pers berperan meneruskan informasi dari hasil capaian-capaian pembangunan kepada masyarakat.

‘’Keberadaan pers menjadi pondasi penting penjaga demokrasi dan kebebasan berpendapat di Tanah Air,’’kata Menko Airlangga Hartarto dalam keterangannya, Rabu, (9/2).

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menuturkan peran pers di era digital saat ini memiliki peran penting sebagai counter terhadap maraknya berita-beritak hoaks.

Dengan begitu, masyarakat dapat menerima informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Terbih saat ini, masyarakat membutuhkan kebenaran informasi mengenai Covid-19.

Saat ini peran pers juga ikut membantu dalam memberitakan penanganan Covid-19 yang disampaikan pemerintah.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada insan pers di seluruh Tanah Air. Keberadaan produk-produk pers menyelamatkan masyarakat dari hoaks terkait Covid-19,’’kata Menko Airlangga.

Dia menilai, sejak berkembangnya Covid-19 di Indonesia, beragam berita hoaks tersebar di masyarakat. NAmun, dengan adanya pers semuanya dapat dinetralisir.

Produk pers saat ini masih menjadi rujukan bagi masyarakat untuk memperoleh informasi terkait pandemi Covid-19.

Airlangga Hartarto mengatakan, meski Hari Pers Nasional (HPN) dirayakan di tengah suasana pandemi Covid-19,  Ketua KPCPEN meminta pelaksanaan HPN tidak mengurangi makna dan esistensi lembaga pers itu sendiri.

“Kami berharap, seluruh insan pers berperan membantu mengatasi pandemi melalui produk-produk jurnalistik yang professional, berimbang, dan membangkitkan semangat optimisme,” ujar Airlangga.

Airlangga Hartarto mengharapkan, peran media-media yang ada di Indonesia harus terus menyuarakan optimism sehingga menjadi motivasi masyarakat luas.

‘’Keberadaan pers menjadi sangat penting bagi pemerintah untuk dapat membangun dan memberikan nilai masukan positif untuk mewujudkan kemajuan bagi bangsa,’’punkas Ketua DPP Partai Golkar ini. (red)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan