Lestarikan Cerita Rakyat Sunda Lewat Film Kabayan Milenia

BANDUNG – Guna melestarikan budaya Jawa Barat khususnya suku Sunda, Aria Production akan menyuguhkan serial film layar lebar berjudul ‘Kabayan Milenia series’.

Film tersebut, nantinya akan ditanyakan di salahsatu Stasiun Televisi (TV) nasional.

Dalam film ini juga, nantinya pemeran Kabayan sendiri di isi oleh Yogi Warner. Dan untuk Nyi Iteung akan diperankan oleh Givana.

Bahkan film yang disutradarai oleh Dicky Chandra ini, akan juga di isi oleh beberapa artis lainya seperti Ceu Edoh ‘Preman Pensiun’, Ki Daus, dan yang lainya.

Sementara itu, menurut Produser Film Kabayan Milenia series, Yayat Hidayat menjelaskan bahwa hadirnya film ini diharapkan kepada generasi milenial dapat bisa menyaksikan cerita-cerita rakyat seperti Kabayan dimasa mendatang.

“Pertama itu dalam rangka melestarikan budaya masyarakat Sunda yang menjadi bagian dari budaya nasional. Karena patut dikhawatirkan, kedepan cerita-cerita rakyat seperti salahsatunya Kabayan, kalau kita tidak abadikan dalam sebuah film mungkin nanti anak cucu kita akan asing dengan cerita itu,” ucapnya seusai konferensi pers di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (8/2).

Bahkan Yayat menilai, didalam kondisi saat ini generasi muda di Indonesia khususnya Jawa barat sudah hampir melupakan budaya khususnya cerita rakyat.

“Jadi oleh karena itu kami berupaya untuk menjaga itu (budaya masyarakat), dan menginformasikan kepada generasi yang akan datang supaya mereka tetap mengetahui tentang bertapa kayanya masyarakat Sunda ini dengan nilai-nilai kebudayaan dengan cerita-cerita rakyatnya,” katanya

Selain itu, dalam film tersebut juga Yayat menambahkan bahwa nantinya akan menyuguhkan dan menitipkan nilai-nilai sebagai penyelesaian masalah yang telah menjadi umum di masyarakat melalui peran Kabayan.

“Jadi ada nilai-nilai yang di transfer kemasyarakat terutama generasi muda dari cerita itu,” ucapnya

“Dan selain itu, saya juga pingin cerita atau film Kabayan ini mendekonstruksi cara pandangan yang terlanjur kurang baik terhadap tokoh Kabayan. Jadi lewat film ini peran Kabayan yang dulu dengan saat ini itu akan berbeda,” tambahnya.

Sementara itu, menurut Sutradara Film, Dicky Chandra menambahkan bahwa nantinya pemeran Kabayan tidak akan hilang dari kelucuannya. Akan tetapi, kata dia nantinya peran Kabayan akan memberikan karakter yang dapat menuntun dan mengedukasi masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan