Wajib Siapkan 5 Peralatan Ini Saat Sedang Berkemah

LIBURAN yang menyenangkan tidak melulu harus berpergian ke hotel dan penginapan mahal sekelas resort. Kamu punya juga bisa mencoba aktivitas camping atau berkemah di tempat terbuka, seperti di gunung, bukit, ataupun pantai.

Selain lebih hemat, kegiatan ini juga banyak manfaat positif, loh. Kamu pun bisa lebih dekat dengan alam dan bisa menghirup udara segar. Namun, saat berkemah, pastikan kamu menyiapkan lima peralatan utama ini, demi kenyamanan dan keamanan. Apa saja itu?

1. Tenda

Aktivitas berkemah tidak akan lengkap tanpa kehadiran tenda. Pastikan tenda yang kamu pilih menggunakan bahan berkualitas dan tidak mudah rusak. Selain itu, pilih tenda yang kamu yang kokoh dan tahan air. Jadinya, kamu tidak perlu khawatir ketika hujan turun.

Untuk ukuran tenda, bisa kamu sesuaikan dengan jumlah anggota yang bergabung. Umumnya, tenda yang paling sering digunakan adalah tipe tenda dome karena lebih mudah dirakit dan juga praktis untuk dibawa berpergian.

2. Sleeping bag

Di mana pun kamu berkemah, kamu tetap membutuhkan alas tidur untuk melindungi tubuh dari perubahan cuaca dan gangguan lain selama kamu beristirahat. Untuk itu, pastikan kamu membawa sleeping bag yang nyaman dan berbahan tebal.

Sleeping bag sendiri hadir dalam dua jenis, yakni tipe selimut dan mummy. Keduanya sama-sama nyaman, tanpa perlu menggunakan alas sprei, dan dapat menghalau suhu dingin. Jadi, kamu bisa pilih yang paling sesuaikan dengan kebutuhan dan lokasi berkemah.

3. P3K dan obat-obatan

Tidak menutup kemungkinan kamu akan mengalami cedera saat sedang berkemah. Meskipun hanya terkena luka atau goresan kecil, tetapi sebaiknya segera ditangani secepat mungkin agar tidak mudah terinfeksi.

Kamu bisa menyiapkan peralatan P3K dan obat-obatan, seperti, plester luka, kain kasa steril, obat tetes luka, gunting, obat parasetamol dan nyeri.

4. Kompor portable

Tentunya, momen berkemah tidak akan asik tanpa memasak di tempat terbuka. Nah, barang esensial lainnya yang tidak boleh terlewatkan adalah kompor portable yang ringan dan bisa dibawa ke mana pun. Namun, jika kamu ingin menggunakan kompor jenis ini, jangan lupa untuk membawa gas tabung juga, ya. Selain itu, pastikan kamu membawa peralatan makan, mulai dari piring, pisau, sendok, dan lain sebagainya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan