Siapkan Hal Ini Sebelum Rayakan Tahun Baru Imlek

JAKARTA – Masyarakat Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek 2573 pada 1 Februari 2022. Tahun ini adalah tahun Macan Air yang diharapkan memberikan keberuntungan.

Perayaan Tahun Baru Imlek selalu identik dengan warna merah, keceriaan, barongsai, dan makan bersama keluarga. Karena sudah menjadi budaya universal, maka semarak Imlek boleh saja dinikmati oleh seluruh kalangan umat di dunia.

Ahli Fengshui Xiangyi Hong menjelaskan Tahun Baru Imlek adalah sebuah tradisi bagi semua keturunan Tionghoa. Namun saat ini budaya Imlek sudah bersifat universal sehingga sudah menyebar ke seluruh Asia.

“Imlek untuk semua, sudah menjadi tradisi budaya universal. Amerika pun sudah merayakan. Sebetulnya sebuah tradisi yang dirayakan atau dipestakan, sudah perayaan umum. Tak ada kaitannya dengan agama secara umum,” ujar Xiangyi Hong yang dikutip dari JawaPos.com, Senin (31/1)

Dia mengatakan siapapun boleh jika ingin ikut merayakan. Misalnya ikut memakai busana warna merah, membagikan angpao, menyantap kue keranjang, dan berbagai tradisi lainnya.

“Sebut saja Vietnam, Kamboja, Singapura, dan sebagian masyarakat Malaysia, Taiwan, Hongkong. Saat perayaan tersebut, suasana hati kita terbawa positif, akan merasa senang dan gembira,” ucapnya.

Menurutnya terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum menyambut Imlek. Namun Xiangyi Hong menegaskan hal itu bukan kewajiban.

1. Rukun dengan Keluarga

Sebelum perayaan tersebut masing-masing orang harus menghilangkan perselisihan atau salah pendapat dengan keluarga. Sebab Imlek memiliki makna untuk berkumpul bersama keluarga.

2. Membersihkan Rumah

Sebelum melaksanakan perayaan tersebut disarankan untuk membersihkan rumah. Sehingga akan mendatangkan rezeki dan keberkahan.

3. Menyiapkan Pernak-pernik Warna Merah

Merah selalu identik dengan keberuntungan dan hoki. Tak heran jika Imlek menghadirkan warna merah. Baju koko dan cheongsam warna merah juga menjadi favorit.

4. Angpao

Pembagian angpao paling dinanti saat perayaan tersebut. Saat sekarang, angpao menjadi hiburan dan suka cita bagi anak-anak.

5. Tata Letak Rumah

Tata letak rumah atau fengshui sudah mulai diubah atau dipersiapkan mengikuti shio di tahun tersebut. Tahun ini adalah shio macan air yang membuat masyarakat juga mulai bisa menyesuaikan tata letak rumah dengan arah keberuntungan. (jawapos/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan