Satgas Pemulihan Ekonomi Kota Bandung Kawal Program OPD dalam Lingkup Perekonomian

BANDUNG – Untuk mengakselerasi dan mempercepat perbaikan indikator-indikator ekonomi di masa pemulihan ekonomi. Satgas Pemulihan Ekonomi Kota Bandung menggelar rapat koordinasi terbatas bersama para kepala Dinas Kota Bandung, Kadin Kota Bandung, Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat dan Pengamat Ekonomi.

Rapat yang dipimpin Asisten Daerah (ASDA) Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Bandung Erick MA, menegaskan kembali bahwa Pemkot Bandung akan terus mengawal pemulihan ekonomi Kota Bandung melalui bauran program dan kegiatan yang diselenggarakan oleh masing-masing OPD dalam lingkup perekonomian.

“Pada triwulan 1 kegiatan-kegiatan diarahkan untuk menjaga kestabilan harga-harga komoditas terutama bahan kebutuhan pokok di Kota Bandung dengan terus berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat,” ucap Erick di Kota Bandung, Senin (31/)

Beberapa hal yang ditekankan oleh dirinya, salah satunya akselerasi penurunan harga minyak goreng di sejumlah pasar di Kota Bandung. Terkait adanya kebijakan pemerintah pusat terkait domestic market obligation (DMO) dan perubahan harga eceran tertinggi (HET) yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah pusat.

Selain itu juga ditekankan tentang sinkronisasi program dan kegiatan akslerasi di masing-masing OPD yang diarahkan untuk memperkuat penyerapan tenaga kerja, mendorong aktivitas usaha lama yang sempat terhenti dan usaha yang sudah beroperasi.

“Namun belum optimal serta memperkuat SDM untuk pengembangan usaha mandiri skala mikro di Kota Bandung,” jelasnya.

Kemudian Asda juga mendorong agar promosi dan pengembangan investasi usaha terus dikembangkan dengan basis investasi skala mikro dan PMDN melalui peran kolaborasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandung bersama Dinas Koperasi dan UMKM serta Dinas Pariwisata dan Budaya yang didalamnya terkait dengan pengembangan usaha ekonomi kreatif.

Selanjutnya Erick MA juga menekankan tentang sejumlah arahan Plt Walikota Bandung berkaitan dengan membangun kolaborasi Pemkot Bandung dengan entitas bisnis serta masyarakat terus diperkuat, baik melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan Pemkot Bandung maupun melalui kegiatan-kegiatan kemitraan Pemkot dengan entitas bisnis seperti Kadin serta instansi vertikal yang ada di Kota Bandung seperti Bank Indonesia dan lain sebagainya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan