Satgas Pemulihan Ekonomi Kota Bandung Kawal Program OPD dalam Lingkup Perekonomian

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari juga menyampaikan langkah-langkah penyelenggaraan kegiatan atau kalender even pariwisata di Kota Bandung tahun 2022. Serta upaya mempercepat pengembangan kelurahan-kelurahan yang memiliki potensi wisata.

Upaya lain dilakukan juga dengan memperkuat kolaborasi UMKM di Kota Bandung khususnya usaha-usaha kreatif dengan sejumlah usaha hotel dan restoran yang ada di Kota Bandung.

“Pengembangan kawasan ekonomi kreatif, budaya dan pariwisata di kawasan Braga dan Alun-Alun juga menjadi fokus perhatian Disparbud Kota Bandung,” tuturnya.

Sementara itu, Pengamat Ekonomo Acuviarta Kartabi menyampaikan, optimisme terkait pemulihan ekonomi Kota Bandung yang dilakukan bersamaan dengan optimalisasi mitigasi risiko penyebaran Covid-19.

Acuviarta menekankan pada upaya mempercepat aktivitas sektor perdagangan dan industri di Kota Bandung mengingat kontribusinya sangat besar terhadap perekonomian Kota Bandung, termasuk dukungan anggaran bagi OPD yang berada dalam lingkup ekonomi dan pembangunan di Kota Bandung.

Dari sisi kelembagaan satgas pemulihan ekonomi, Acuviarta Kartabi yang juga menjadi Wakil Ketua Pokja Fasilitasi Pembiayaan Keuangan dan Relasi Ekonomi menekankan pentingnya komunikasi dunia usaha dan sektor jasa keuangan terus didorong.

“Termasuk diseminasi program restrukturisasi, penguatan peran percepatan dan perluasan digitalisasi serta percepatan akses keuangan daerah,” paparnya.

Opsi-opsi lain juga disampaikan seperti memperkuat permodalan BPR Kota Bandung serta mendorong penetrasi peran CSR korporasi yang ada di Kota Bandung serta membangun kawasan etalase produk unggulan UMKM Kota Bandung agar menjadi alternatif destinasi wisata belanja Kota Bandung.

Tal hanya itu, penataan PKL di Kota Bandung dan sejumlah kawasan juga menjadi perhatian Acuviarta Kartabi dalam rapat koordinasi Satgas Pemulihan Ekonomi Kota Bandung tersebut.(win)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan