731 Anggota Ormas GMBI Ditangkap, 19 Positif Narkoba dan 2 Orang Terpapar Covid

BANDUNG – Ketua Umum GMBI dan ratusan anggota Ormas GMBI akhirnya ditangkap Polda Jabar setelah melakukan aksi demo yang berakhir ricuh dihalaman Polda Jabar.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Polisi Ibrahim Tompo mengatakan, Ketua Ormas GMBI ditangkap tadi pagi dikediamannya.

Sejauh ini pihak Polda masih melakukan pemeriksaan kepada yang bersangkutan atas kasus keributan dalam aksi demo Ormas GMBI di halaman Polda Jabar.

“Tadi pagi Polda Jabar sudah menangkap Ketua GMBI berinisial F, Sekarang sedang dilakukan pemeriksaan,” ujar Ibrahim Tompo, Jumat (28/1).

Dia mengatakan, setelah aksi demo Ormas GMBI yang berakhir ricuh, Polda Jabar melakukan pengkapan terhadap ratusan anggota GMBI yang melakukan pengrusakan dihalaman Mapolda.

Sejauh ini, jumlah pendemo yang berhasil diamankan bertambah menjadi 731 orang. Pihaknya berhasil mengamankan pendemo yang sebelumnya melarikan diri.

Setelah dilakukan pemeriksaan tes urine, diketahui ada 19 orang anggota Ormas GMBI positif mengkonsumsi narkoba.

Sebagian para pendemo ada juga yang diamankan pihak polres untuk dilakukan pemeriksaan.

Sedangkan untuk Polda Jabar saat ini sedang dilakukan pendalaman pemeriksaan dan belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka.

‘’Jadi siapa-siapa yang memenuhi pidana nanti informasi akan di-update setelah dilakukan pemeriksaan, siapa-siapa yang akan menjadi tersangka,” katanya.

Pihaknya saat ini masih melakukan pemeriksaan terhadap pendemo yang diduga menjadi dalang kericuhan.

Selain itu diketahui banyak dari anggota Ormas GMBI yang melakukan demo melarikan diri dan dalam pengejaran polisi. Seluruh pendemo saat ini masih diperiksa dan berstatus sebagai saksi.

Selain tes urine, pihaknya juga telah melakukan tes Swab dan diketahui ada dua orang yang terpapar Covid-19.

“Nanti kita lihat apakah yang dua orang ini positif Covid-19 karena kan harus PCR, hasilnya belum keluar,” katanya.

Seperti diketahui, Ormas GMBI melakukan aksi unjukrasa dengan mengerahkan ribuan anggotanya untuk mendatangi Polda Jabar.

Dalam tuntutannya GMBI meminta kejelasan kasus pengeroyokan terhadap anggota Ormas GMBI yang terjadi di bentrok ormas di Karawang belum lama ini.

Aksi demo di halaman Mapolda Jabar pada Kamis (27/1) berlangsung ricuh. Bahkan, Pagar Mapolda Jabar dan sejumlah fasilitas rusak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan