Tol Cisumdawu akan Diberi Nama Tokoh Pahlawan dari Sunda, Ini Namanya

CILEUNYI – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kunjungi langsung pembukaan pengoperasian jalan Tol Cisumdawu. Pada kunjungannya, dia memaparkan, untuk kesiapan jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sudah hampir rampung.

“Pertengahan tahun sudah bisa dioperasikan. Seksi-seksi lain belum dipasangi papan-papan informasi dan itu yang diproses,” kata pria yang akrab disapa Emil di lokasi, Senin (24/1).

Saat ini Tol Cisumdawu baru seksi 1 yang bisa dioperasikan, sebab papan informasi, petunjuk jalan hingga lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), sudah 100 persen terpasang di lokasi tersebut.

Emil mengatakan, rencananya jalan Tol tersebut, akan diberikan nama salah seorang tokoh atau pahlawan dari Sunda.

“Tadi mungkin sedikit aspirasi dari masyarakat secara informal, menyampaikan jika bisa ada nama pahlawan atau tokoh Sunda yang mewakili kebanggaan,” imbuh Emil.

Dia menyampaikan, salah satu nama pahlawan atau tokoh Sunda yang direncanakan digunakan untuk penamaan Tol tersebut adalah Ali Sadikin.

“Ali Sadikin mungkin bisa dipertimbangkan jadi nama jalan Tol Cisumdawu,” papar Emil.

Selain itu, Emil memberikan informasi, peletakan batu pertama atau groundbreaking dalam proyek pengerjaan jalan Tol dari Cileunyi sampai Cilacap rencananya akan dilakukan pekan depan.

Hal itu diungkapkan oleh Emil saat kunjungannya ke lokasi Gerbang Tol Cileunyi dalam pembukaan pengoperasian Tol Cisumdawu.

“Jadi komitmen Presiden Jokowi yang kita apresiasi di Jawa Barat, ada enam sampai tujuh jalan Tol yang sedang konstruksi dan akan dibangun,” katanya

Tak hanya yang akan dibangun, Emil juga berujar, beberapa jalan Tol yang berdiri melintang di wilayah Jawa Barat juga menjadi komitmen Presiden RI, Joko Widodo untuk diperpanjang jalurnya.

“Minggu depan kita akan mulai groundbreaking jalan Tol Cileunyi sampai Cilacap.

Tentunya (groundbreaking Tol Cileunyi-Cilacap, Red) tentunya ini yang kita tunggu-tunggu, karena lelangnya sudah selesai,” tutupnya. (mg5/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan