oleh

Ridwan Kamil Klaim Pertengahan Tahun Tol Cisumdawu Siap Digunakan Keseluruhan

CILEUNYI– Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi satu akan siap dioperasikan mulai pukul 6.00 WIB, Selasa (25/1). Pembukaan pengoperasian Tol Cisumdawu seksi satu tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Diketahui, akses jalur Tol Cisumdawu seksi satu itu dimulai dari Cileunyi, Kabupaten Bandung sampai Rancakalong, Kabupaten Sumedang, dengan panjang sekira 11,45 kilo meter.

“11,45 kilo meter ini sudah bisa dioperasikan mulai hari Selasa besok (25/1) jam 6.00 (WIB) pagi,” kata pria yang akrab disapa Emil di lokasi, Senin (24/1).

Emil menjelaskan, pengoperasian Tol Cisumdawu seksi satu bisa diakses masyarakat tanpa perlu mengeluarkan biaya selama dua pekan sebagai bentuk sosialisasi.

“Masih gratis, bebas biaya selama 2 Minggu. Setelah itu kita tunggu dari masyarakat kurang lebihnya apa dan akan dioperasikan penuh,” pungkas Emil.

Emil menerangkan, untuk pengoperasian Tol Cisumdawu secara keseluruhan, masyarakat perlu bersabar, sebab untuk seksi yang lain masih dalam tahap penyelesaian.

“Sambil menunggu bulan Juni, kalau tidak ada halangan, seluruh Tol Cisumdawu akan tersambung sampai Cipali,” ujar Emil.

Menurut Ridwan Kamil, apabila proyek pengerjaan Tol Cisumdawu tak ada halangan, maka dapat digunakan secara keseluruhan pada Juni 2022 mendatang.

“Kemarin kita lihat, Cipali ke Bandaranya juga sudah selesai. Maka dengan ini, di pertengahan tahun masyarakat sudah bisa ke Bandara (Kertajati) secara langsung,” imbuh Emil.

Dalam pemaparannya, Emil menuturkan, secara estimasi waktu perjalanan, jika masyarakat menggunakan akses Tol Cisumdawu untuk menuju Bandara Kertajati, sekiranya memakan waktu selama 45 menit.

“Ini akan mengiringi persiapan penerbangan-penerbangan di Bandara Kertajati yang memang disiapkan aktifasi maksimalnya setelah Tol (Cisumdawu) ini tersambung, seperti yang kita tunggu-tunggu,” ucapnya.

Sementara itu, Emil mengaku, pengerjaan proyek Tol Cisumdawu sudah dilaporkan kepada Presiden RI, Joko Widodo dengan estimasi pada Juni 2022 mendatang dapat diselesaikan.

“Keseluruhan sudah dilaporkan kepada bapak Presiden Jokowi, sehingga jika tidak ada halangan, maka pada bulan Juni 2022 seluruh Tol Cisumdawu ini bisa selesai,” tutup Emil. (mg5)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga