Jelang Komoro vs Kamerun , Akankah ‘Les Coelacantes’ Beri Kejutan Lagi?

SEMPAT tidak diunggulkan, Komoro nyatanya mampu menerobos grup C dalam gelaran Piala Afrika 2021.

Bahkan saat menghadapi Ghana pada laga matchday pamungkas. Di luar dugaan, secara mengejutkan Komoro berhasil mencuri kemenangan.

Lantas membikin timnas itu melaju ke babak 16 besar sebagai satu di antara empat tim peringkat ketiga terbaik.

Wajar apabila tim nasional (timnas) dengan julukan Les Coelacantes itu diremehkan.

Pasalnya dalam 2 matchday pada pertandingan awal grup C, skuad Komoro digadang-gadang bakal lebih dulu mengemas koper dan beres-beres dari Piala Afrika.

Menyandang title kuda hitam tentunya bakal meringankan beban Les Coelacantes.

Namun tantangan Komoro berlanjut dengan menghadapi tuan rumah Kamerun dalam 16 besar di Olembe Stadium dini hari nanti.

Selain sudah pasti kalah materi pemain dan dukungan, Komoro mendapat tantangan tambahan lantaran tidak memiliki kiper dalam laga dini hari nanti. Bagaimana tidak, tiga kiper yang mereka miliki tidak bisa diturunkan.

Seiring kasus Covid-19 yang menyerang skuad Les Coelacantes, dua kiper dinyatakan positif. Masing-masing adalah Moyadh Ousseini dan Ali Ahamada.

Kiper lainnya, Salim Ben Boina, mengalami cedera. Pelatih Amir Abdou juga harus menjalani karantina karena terpapar korona.

”Mau tidak mau, kami akan bermain dengan pemain outfield untuk posisi kiper. Kami sudah memilihnya,” kata Daniel Padovanni, asisten pelatih Komoro, kepada AFP.

Siapa pemain yang terpilih sebagai kiper? Padovanni memilih merahasiakannya. ”Yang pasti, pemain yang selama sesi latihan menunjukkan bahwa dia bisa bermain sebagai seorang kiper,” ucapnya.

Jika mengacu pada regulasi turnamen, sebuah tim tetap harus bertanding selama masih memiliki 11 pemain. Terlepas ada pemain berposisi kiper atau tidak.

Itulah yang membuat Komoro tidak bisa mengajukan penundaan pertandingan. Kabar terakhir menyatakan, dari 25 pemain yang dibawa ke Kamerun, masih ada 12 pemain yang tersedia untuk laga dini hari nanti.

”Kami akan tetap berjuang semaksimal mungkin meski kondisi skuad kami tidak begitu bagus karena tanpa pelatih maupun kiper,” kata Manajer Tim Komoro El Hadad Himidi. (jp/zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan