Cara Aman Minum Kopi Untuk Penderita Darah Tinggi

JAKARTA – Menyandang penyakit tekanan darah tinggi, memiliki banyak resiko jika tidak menjaga pola makan dan pola aktivitas.

Beberapa makanan bahkan terlarang bagi penderita Hypertensi karena bisa memicu tekanan darah melonjak secara drastis.

Salah satunya kopi, mengkonsumsi kopi sebagaimana diklaim ahli, dapat menyebabkan peningkatan dramatis pada pasien hypertensi, meski efeknya tidak berlangsung lama dan berbeda di masing-masing orang,

Menurut Mayo clinik, dari beberapa pendapat ahli menunjukkan bahwa kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi, dapat mencegah kinerja hormon tertentu, yang salah satu menjaga fungsi pembuluh darah arteri.

Seperti diketahui, darah tinggi adalah salah satu penyebab serangan jantung dan stroke pada manusia.

Dua kondisi di atas, adalah beberapa penyumbang angka mortalitas tertinggi, sekaligus disabilitas di seluruh dunia.

Itu bagi peminum kopi yang punya masalah dengan hipertensi, sangat disarankan untuk terlebih dahulu dengan dokter.

Di situ, dokter akan menentukan apakah konsumsi kopi aman untuk darah tinggi mereka, dengan cara membatasi jumlah, atau disarankan untuk berhenti sama sekali.

Mereka yang suka meminum kopi, juga disarankan untuk menghindari aktifitas yang dapat meningkatkan tekanan darah, seperti berolahraga, mengangkat beban, dan pekerjaan berat lainnya.

Anda juga dapat memeriksa apakah Anda tidak memiliki toleransi terhadap kopi dengan mengeceknya menggunakan alat tensi.

Setelah minum kopi, cek tensi Anda dalam 30-120 menit menitikberatkan. Jika ada peningkatan 5 hingga 10 poin pada tensi, maka bisa dipastikan Anda sensitif terhadap efek kafein pada kopi. (fin/rit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan