oleh

Pertama di Dunia! Drone Aviro D16 Keluaran Avirtech Mampu Basmi Hama

JABAREKSPRES.COM – Untuk efesiensi waktu dan tenaga dalam menujang produkstiftas pertanian untuk penyemprotan dalam bentuk Drone Aviro D16.

Chief Operating Officer Avirtech Wilson mengatakan, inovasi teknologi yang diproduksi oleh Avirtech sangat efesien untuk digunakan pada lahan tanaman pertanian.

Produk ini diberi nama Drone Aviro D16 Spray Gimbal pertama di dunia. Drone ini diklaim memiliki tingkat ketelitian penyemprotan yang akurat hingga radius 10 cm.

Drone Aviro D16 dikombinasikan dengan geoposisi RTK yang memiliki presisi tinggi dan mulut pipa pada gimbal untuk menyemprot agar tepat sasaran. Pada bagian pipa dilengkapi dengan mulut pipa penyemprot gimbal dan pipa tambahan.

‘’Ini untuk mempermudah mencapai titik hama di pohon yang tidak dapat dijangkau oleh manusia,”ucap Wilson dalam ketaranganya, Sabtu, (15/1).

Diciptakannya Drone aviro D16 ini digunakan untuk mendukung pemeliharaan tanaman yang benar dan teratur dan menghasilkan panen berkualitas.

Akan tetapi, kondisi di lapangan dan kurangnya sumber daya manusia menjadi kendala dalam pemeliharaan, seperti pengendalian hama dan gulma.

Untuk melakukan penyemprotan secara manual banyak mengandung resiko bagi kesehatan dan lingkungan.

Akan tetapi, penyemprotan dengan drone akan lebih aman. Sebab, air dan pestisida yang digunakan lebih sedikit.

”Drone Aviro D16 dilengkapi dengan sensor yang dapat membaca kesehatan pada tanaman baru secara cepat. Cara ini ribuan kali lebih cepat dan efektif daripada inspeksi manual yang dilakukan manusia,”katanya.

Salah satu industri yang sering mengalami gagal panen akibat hama adalah kelapa sawit. Sekitar 25% tanaman mati dan periode panen akan tertunda sampai 1 tahun.

Ketika mendeteksi titik hama, drone akan segera menyemprotkan pestisida dengan akurasi penyemprotan 98%.

“Pertanian berkelanjutan ini adalah cara untuk membawa ke revolusi pertanian selanjutnya. Kami berharap dapat membawa industri pertanian Asia Tenggara lebih maju dan baik.” pungkas Wilson.

Sementera itu, Lianto, Avirtech Head of Spraying division mengungkapkan, Avirtech adalah penyedia alat untuk kecerdasan tanaman pertanian dan perkebunan.

Avirtech mengembangkan sistem kontrol perkebunan untuk memantau kondisi lokasi melalui informasi udara dan tanah, seperti topografi, kesehatan tanaman, kualitas tanah dan curah hujan.

‘’Sejauh ini Avirtech telah bekerja sama dengan berbagai industri perkebunan, mulai dari perkebunan skala besar seperti kelapa sawit dan tebu,’’pungkasnya. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga