Mandalika Siap Bulan Depan Sambut MotoGP 2022

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menginginkan agar Mandalika tidak hanya identik dengan penyelenggaraan balap MotoGP, tetapi juga dapat memberikan efek pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat.

”Oleh sebab itu, beberapa desa di sekitar Sirkuit Mandalika telah dibangun homestay yang dibantu pemerintah pusat,” ujarnya. Sekarang sudah ada 398 homestay.

Presiden juga mengecek peningkatan kualitas rumah swadaya kawasan koridor Sirkuit Mandalika di Dusun Ujung Daya, Desa Kuta, sebanyak 196 unit. Terdiri atas 107 unit di lahan milik pribadi warga dan 89 unit di lahan milik ITDC. Pengerjaannya dilakukan Kementerian PUPR.

Setelah kunjungan, Jokowi menggelar rapat terbatas. Dia memerintahkan jajarannya untuk memastikan MotoGP 2022 Mandalika dapat terlaksana dengan baik.

”Tanpa ada isu-isu yang enggak baik yang ikut numpang di situ,” ujarnya. GP Indonesia di Mandalika dijadwalkan berlangsung Maret dengan tes pramusim pada Februari.

Presiden meminta jajarannya untuk memastikan kesiapan bandara, terutama memperhitungkan slot penerbangan. ”Pastikan betul bahwa penerimaan kita tidak ruwet, tetapi kepastian harus aman dari Covid-19,” tegasnya.

Begitu pula transportasi dari bandara maupun dari Kupang menuju Mandalika. Harus sesuai kebutuhan serta mengantisipasi adanya lonjakan penonton dari luar maupun dalam negeri. ”Ini kita mengelola 63 ribu orang. Bukan barang mudah,” ungkapnya.

Menurut Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Hadi Tjahjanto, untuk mendukung masuknya penonton ke Lombok, frekuensi penerbangan dari sejumlah kota menuju Lombok akan ditambah.

”Untuk masuk sendiri dari luar akan ditambah frekuensi penerbangan, baik dari Jakarta, Surabaya, Bali, maupun Makassar,” ujarnya.

Presiden mengingatkan, seluruh penataan yang belum rampung bisa tuntas pada Februari. Baik penataan dan pelebaran jalan, penghijauan kawasan, maupun penataan permukiman.

”Warung penjualan suvenir, warung yang berjualan makanan, semuanya agar bisa di-upgrade sehingga wajah Mandalika berubah,” ujarnya.

Terkait persiapan sirkuit, Presiden Jokowi memerintahkan agar pembenahan fasilitas dan infrastruktur dapat dipercepat. ”Yang masih kelihatan agak bermasalah, sistem drainase yang menampung kalau ada curah hujan yang tinggi,” tuturnya. (jp/zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan