oleh

Longsor Menerjang Wilayah Cibugel Sumedang, Begini Kronologisnya

SUMEDANG – Musibah bencana longsor melanda wilayah Desa Buana Mekar, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang.

Akibat longsor tersebut, akses jalan penghubung Cibugel, Sumedang dengan Limbangan, Garut menjadi terhambat karena ruas jalan tertutup material tanah.

Terkait hal itu, Camat Cibugel, Nuryadin mengatakan, peristiwa longsor yang menerjang wilayahnya itu terjadi pada Kamis (13/1) kemarin.

“Pada hari Kamis, sekitar pukul 13.30 WIB terjadi lonsor di Dusun Cipeureu RT01 RW01, Desa Buana Mekar dengan luas longsor 15 kali 10 meter,” kata Nuryadin, Jumat (14/1).

Baca Juga:  Dua Kecamatan di Kabupaten Sumedang Bentuk Kampung KB, Ini Tujuannya

Nuryadin menjelaskan, longsor yang melanda wilayahnya tersebut sedikitnya memakan satu hunian warga milik Udin, 48.

Nuryadin menuturkan, kronologis terjadinya longsor disebabkan karena sebelumnya wilayah Kecamatan Cibugel diguyur hujan deras.

“Hujan dengan intensitas yang cukup tinggi, membuat tanah yang sudah di dam (dekameter) banyak meresap air tanpa pembuangan yang cukup dan pada akhirnya membuat dam jadi roboh,” kata Nuryadin.

Beruntung, meski rumah milik Udin terkena dampak longsor, tak ada korban jiwa atau luka-luka akibat peristiwa naas tersebut.

Baca Juga:  Desa Cileles Sumedang Lakukan Antisipasi Demam Berdarah

Sementara itu, Nuryadin menerangkan, kerugian yang ditaksir akibat musibah bencana longsor di wilayahnya itu mencapai Rp70 juta rupiah.

“Pada kejadian tersebut tidak ada korban jiwa maupun luka, namun kerugian materil ditaksir kurang lebih sebesar Rp70 juta rupiah,” imbuh Nuryadin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga