Longsor Menerjang Wilayah Cibugel Sumedang, Begini Kronologisnya

SUMEDANG – Musibah bencana longsor melanda wilayah Desa Buana Mekar, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang.

Akibat longsor tersebut, akses jalan penghubung Cibugel, Sumedang dengan Limbangan, Garut menjadi terhambat karena ruas jalan tertutup material tanah.

Terkait hal itu, Camat Cibugel, Nuryadin mengatakan, peristiwa longsor yang menerjang wilayahnya itu terjadi pada Kamis (13/1) kemarin.

“Pada hari Kamis, sekitar pukul 13.30 WIB terjadi lonsor di Dusun Cipeureu RT01 RW01, Desa Buana Mekar dengan luas longsor 15 kali 10 meter,” kata Nuryadin, Jumat (14/1).

Nuryadin menjelaskan, longsor yang melanda wilayahnya tersebut sedikitnya memakan satu hunian warga milik Udin, 48.

Nuryadin menuturkan, kronologis terjadinya longsor disebabkan karena sebelumnya wilayah Kecamatan Cibugel diguyur hujan deras.

“Hujan dengan intensitas yang cukup tinggi, membuat tanah yang sudah di dam (dekameter) banyak meresap air tanpa pembuangan yang cukup dan pada akhirnya membuat dam jadi roboh,” kata Nuryadin.

Beruntung, meski rumah milik Udin terkena dampak longsor, tak ada korban jiwa atau luka-luka akibat peristiwa naas tersebut.

Sementara itu, Nuryadin menerangkan, kerugian yang ditaksir akibat musibah bencana longsor di wilayahnya itu mencapai Rp70 juta rupiah.

“Pada kejadian tersebut tidak ada korban jiwa maupun luka, namun kerugian materil ditaksir kurang lebih sebesar Rp70 juta rupiah,” imbuh Nuryadin.

“Tindakan yang diambil, masyarakat Dusun Cipeureu, aparat desa dan Forkopimcam melakukan penanggulangan dan pembersihan material longsoran dan meminta warga tetap berhati-hati selama proses penanggulangan,” tambahnya.

Nuryadin menyampaikan, Udin yang huniannya tergerus longsor sementara dievakuasi ke rumah tetangga.

“Korban dibawa ke rumah tetangga untuk menetap sementara waktu karena dihawatirkan terjadi longsor susulan,” tutup Nuryadin. (mg5/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan