oleh

Cibugel Sumedang Dilanda Longsor, Akses Jalan Menuju Garut Tertutup

SUMEDANG – Musibah bencana longsor terjang wilayah Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang, perbatasan dengan Limbangan, Garut.

Kapolsek Cibugel, Iptu Ucu Abdurahman mengatakan peristiwa longsor yang terjadi di Dusun Cipere, Desa Buana Mekar sekiranya pada pukul 19.55 WIB, Kamis (13/1) saat ditanyai soal longsor di Cibugel, Kabupaten Sumedang.

“Perkembangan kondisi saat ini tempat kejadian pergeseran tanah Dusun Cipere, akibat pergeseran tanah longsor menutupi jalan,” kata Ucu melalui panggilan telepon, Jumat (14/1).

Baca Juga:  Polres Sumedang Bagikan Sembako Kepada Warga Terdampak Longsor

Dijelaskan Ucu, lokasi pergeseran tanah yang menerjang hingga menutupi jalan itu merupakan akses penghubung Desa Buana Mekar, Kecamatan Cibugel dengan Sela Awi, Limbangan, Garut.

“Tindakan yang dilakukan jajaran Polsek Cibugel dengan menghimbau warga agar tidak terlalu dekat. Ini tujuannya untuk mencegah pergeseran tanah susulan,” imbuh Ucu.

“Evakuasi material longsor menggunakan alat berat, Forkopimcam (Forum Koordinator Pimpinan Kecamatan) juga sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak,” ucapnya.

Baca Juga:  Alat Berat dari Sumedang dan Garut Dikerahkan untuk Evakuasi Material Longsor Cibugel

“Dari BPBD membantu menggunakan alat berat untuk menangani material longsoran berupa tanah, batu, dan pepohonan,” tambah Ucu.

Dalam pemaparannya, Ucu menuturkan, sebagai bentuk antisipasi sekaligus pengamanan, pihaknya saat ini menempatkan anggota dilokasi longsor.

“Untuk memastikan tidak ada warga yang mendekat ke lokasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga