oleh

Setahun Penuh DKUM Depok Gelar Kegiatan Pengembangan UMKM

DEPOK – Komitmen memajukan usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan koperasi terus ditunjukkan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok.

Aneka program kegiatan yang bertujuan menggeliatkan kegiatan usaha di kalangan UMKM dan koperasi sukses diselenggarakan selama setahun penuh.

Kepala DKUM Kota Depok, Dede Hidayat merincikan, dalam rangka pemberdayaan dan pengembangan pelaku UMKM di Kota Petir itu, pihaknya telah menuntaskan sejumlah program sepanjang 2021.

Baca Juga:  Toko Online dan Offline Diharapkan Dapat Dimaksimalkan Pelaku UMKM

“Rentetan program yang telah dilaksanakan itu semuanya berada di bawah tanggung jawab masing-masing bidang,” ungkapnya, Selasa (11/1).

Ia pun menyebut untuk Bidang Pemberdayaan UMKM, setidaknya terdapat lima kegiatan yang telah dilaksanakan. Pertama, kegiatan pendataan potensi dan pengembangan usaha mikro berupa pemanfaatan kios, pengawasan, monitoring dan evaluasi para pelaku usaha.

“Lalu, kedua, memfasilitasi kemudahan perizinan dengan memberikan pelatihan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP), pelatihan laik sehat, sosialisasi dan pendaftaran sertifikasi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dan sosialisasi halal. Ketiga, melakukan pemberdayaan melalui kemitraan usaha mikro. Keempat, pemberdayaan kelembagaan potensi dan pengembangan usaha mikro,” tuturnya.

Baca Juga:  Toko Online dan Offline Diharapkan Dapat Dimaksimalkan Pelaku UMKM

Sementara, kelima, memfasilitasi usaha mikro menjadi usaha kecil dalam pengembangan produksi dan pengolahan, pemasaran, Sumber Daya Manusia (SDM) serta desain dan teknologi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga