Mahfud MD Tunggu Keputusan KPU Soal Permintaan Pemilu 2024 Ditunda

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menilai keputusan pemilu 2024 menjadi ranah Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Silakan KPU mengambil langkah-langkah untuk memastikan kapan tanggalnya (pemilu 2024),” kata Mahfud MD saat dihubungi, Selasa (11/1).

Mahfud menjelaskan, saat ini pemerintah masih menunggu keputusan KPU terkait dengan keputusan pemilu 2024. Berbagai usulan telah disampaikan kepada KPU untuk ditindaklanjuti.

“Urusan tanggal pelaksanaan pemilu sudah tinggal menunggu keputusan KPU. Pemerintah sudah mengajukan alternatif dan mendengar alternatif lain tentang tanggal pemilu tahun 2024,” ujar Mahfud MD.

Sebelumnya, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengungkapkan rata-rata pelaku usaha berharap penyelenggaraan Pilpres 2024 ditunda. Penundaan lantaran pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

“Kalau kita mengecek di dunia usaha, rata-rata mereka memang berpikir adalah bagaimana proses demokrasi ini, dalam konteks peralihan kepemimpinan, kalau memang ada ruang untuk dipertimbangkan dilakukan proses untuk dimundurkan, itu jauh lebih baik,” kata Bahlil Lahadalia.

Dia menyebut pengusaha tengah babak belur menghadapi pandemi Covid-19 yang terjadi di dalam negeri. Namun, pada 2024 mendatang mesti dihadapkan lagi dengan urusan politik.

“Kenapa? Karena mereka ini baru selesai babak belur dengan persoalan kesehatan. Ini dunia usaha baru naik, baru mau naik tiba-tiba mau ditimpa lagi dengan persoalan politik. Jadi itu hasil diskusi saya sama mereka,” ucap Bahlil Lahadalia. (jawapos/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan