Jika Omicron Melonjak, DPR Minta Tunda Lagi PTM

JAKARTA – Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher meminta pemerintah tidak ragu menunda pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen apabila kasus Covid-19 yang disebabkan varian Omicron melonjak.

“Jangan ragu untuk menghentikan PTM 100 persen jika kasus Covid-19 di tanah air melonjak. Hal ini harus jadi pertimbangan pemerintah untuk menunda penerapan PTM 100 persen,” ujar Netty kepada wartawan, Senin (10/1).

Menurut Netty, pemerintah harus membuka telinga untuk mendengar masukan dan rekomendasi dari para ahli soal PTM 100 persen tersebut. “Banyak ahli yang meminta PTM 100 persen ini ditunda sementara sambil melihat situasi Covid-19 pasca adanya lonjakan kasus akibat Omicron,” imbuhnya.

“Hilangnya hak orang tua dalam menentukan apakah anaknya mau tetap (pembelajaran jarak jauh) PJJ atau PTM juga harus dikritik. Pemerintah jangan memaksakan kehendak di tengah minimnya fasilitas dan sistem pendidikan kita dalam menghadapi Pandemi Covid-19,” katanya.

Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menilai mayoritas sekolah di Indonesia belum ideal untuk dapat menghadapi ancaman bencana non-alam seperti Covid-19.

“Sekolah kita banyak yang kondisinya memprihatinkan dan sangat sulit melindungi peserta didik dari ancaman Covid-19. Harusnya ini menjadi alarm bagi pemerintah nantinya untuk menyiapkan sistem pendidikan yang adaptif terhadap bencana alam maupun non-alam,” ungkapnya.

Menurut Netty, learning loss memang berbahaya bagi generasi masa depan bangsa, akan tetapi dari sisi orang tua keselamatan dan kesehatan anak jauh lebih penting dari apapun juga.

“Dan pemerintah tidak boleh menghilangkan hak orang tua untuk khawatir dan lebih berhati-hati terhadap kesehatan anaknya,” pungkasnya.

Sekadar informasi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat total keseluruhan kasus Covid-19 varian Omicron di tanah air sampai dengan Sabtu (8/1) sebayak 414 orang. (jawapos-red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan