oleh

Disdukcapil Berencana Kembali Gelar Fastaraga

DEPOK – Setelah sukses menggelar Gebyar Layanan Disdukcapil Tingkat Kecamatan se-Kota Depok (Gladis Tiktok) beberapa waktu lalu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok kembali menyelenggarakan Fasilitasi Akta Kelahiran Ke Rumah Warga (Fastaraga) untuk peningkatan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di tahun ini.

Kepala Disdukcapil Kota Depok, Nuraeni Widayatti mengungkapkan, pihaknya sebelum itu telah sukses mengadakan kegiatan gebyar perekaman KTP elektronik di sekolah beriringan dengan Gladis Tiktok. Pihaknya pun tertarik untuk kembali menggelar kegiatan serupa sperti Fastaraga demi mengotimalkan pelayanan kepada  masyarakat.

“Kami berencana menggelar kembali program Fasilitasi Akta Kelahiran Ke Rumah Warga (Fastaraga) tahun ini,” kata Nuraeni.

Dia mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk memenuhi Hak Sipil Anak melalui pelayanan yang cepat dan mudah dalam pembuatan akta kelahiran secara gratis pada April hingga Mei 2021.

Nuraeni menambahkan, untuk perekaman KTP elektronik di sekolah-sekolah sudah mulai dilaksanakan sejak awal Januari dan akan berjalan hingga Februari mendatang.

“Selama pelaksanaan kegiatan tersebut petugas akan turun langsung ke sekolah untuk memastikan proses perekaman berjalan sesuai yang diharapkan,” ujarnya.

Dia merincikan perihal sejumlah agenda yang telah dirancang untuk percepatan pelayanan. Adapun agenda dimaksud antara lain RW Sadar Adminduk, di mana diharapkan setiap satu RW di kelurahan dapat menerpakan program yang telah dijalankan.

Dikatakannya, selain program percepatan pelayanan, tahun ini rencananya Unit Pelayanan Publik (UPP) juga bakal beroperasi di beberapa kecamatan.

“Namun, untuk awal hanya lima kecamatan yang akan dibuka terlebih dahulu pada Februari hingga Maret mendatang,” terangnya.

Dirinya mengatakan, Layanan Disdukcapil akan difokuskan kepada jemput bola. Karenanya, program-program yang telah sukses seperti Gladis Tiktok juga akan kembali digelar pada Oktober dan November 2022.

“Selanjutnya juga program Layanan WA Komunitas Bukti Cinta (Lawas Bucin) yang akan dilanjutkan sebagai agenda rutinan,” pungkasnya. (mg2/ran)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga